Breaking News
Loading...
Sabtu, 07 Juli 2012

CARA GAMPANG TEBAR PESONA UNTUK MERAIH VISITOR BLOG

01.34
Cara GampangCARA GAMPANG pada kesempatan kali ini ingin berbagi cerita dan pengalaman tentang Tebar Pesona untuk Meraih Visitor Blog yang pada dasarnya merupakan keinginan semua webmaster. CARA GAMPANG tebar pesona untuk meraih visitor blog ini murni merupakan pengalaman pribadi penulis saat mengelola blog CARA GAMPANG ini (dengan pengetahuan yang minim tentang dunia blogging atau blogger).

Berawal dari kebingungan yang mendalam tentang bagaimana cara yang efektif untuk mendatangkan visitor atau pengunjung blog, saya berselancar di dunia maya, dunia para blogger dan webmaster. Hal pertama yang saya temui adalah promo-promo aduhai tentang mendapat ribuan kunjungan per hari, cara mudah mendatangkan pengunjung ribuan bahkan jutaan perhari. Percayakah ? Yah ... setengah percaya setengah tidak. Kalau kita memiliki situs semacam facebook, google atau yahoo atau media-media social bookmark yang sudah terkenal .... pastilah hal itu tidak mustahil. Namun bagaimana dengan blog yang kita miliki sekarang ?

Di tengah kegalauan tersebut, saya coba melakukan introspeksi internal, artinya saya teliti ulang blog CARA GAMPANG ini dengan mempergunakan metode SWOT.  

Strenght, maka saya lakukan upaya-upaya memaksimalkan segenap cara-cara optimasi SEO (Search Engine Optimization) blog, mulai dari tehnik SEO Onpage, SEO Offpage, memasang meta-tag SEO friendly, optimasi gambar pada postingan blog, sampai kepada pemasangan Navigasi Breadcrumb dan Navigasi Permalink.   

Weakness, kelemahan utama yang saya miliki adalah "proses menulis" yang baik dan berkualitas, artinya membuat artikel yang bagus, berkualitas serta bermanfaat bagi banyak orang. Saya coba melanglang buana ke berbagai media-media online semacam detik.com, kompasiana.com dan beberapa media lainnya untuk meneliti artikel-artikel yang ada sembari belajar bagaimana cara menulis artikel yang baik.

Opportunity, kesempatan kecil yang saya miliki adalah mempergunakan serta memanfaatkan keyword CARA GAMPANG untuk beradu dengan jutaan artikel blog/web pada mesin pencarian Google. Hasilnya, blog ini masih dapat bertahan di urutan paling atas dengan mempergunakan kata kunci tersebut.

Threatment, di tengah-tengah aksi algoritma Google Penguin di tambah dengan jutaan website/situs/blog yang tergolong webspam, saya harus tetap melaju dengan blog CARA GAMPANG ini seuai dengan pengetahuan, kemampuan dan kesabaran yang lebih untuk memenang pertarungan yang terbilang sangat sengit.

Setelah melakukan penelitian Internal dengan mempraktekkan ke-empat aspek tersebut di atas, akhirnya saya mengambil suatu kesimpulan pribadi untuk membuat suatu blog yang berkualitas terlebih dahulu, setelah itu membuatnya menjadi populer adalah kewajiban berikutnya. Sejalan dengan pola pemikiran yang demikian itu, maka saya lakukan re-organisasi blog dengan tujuan menjadi blog yang simple, loading yang cepat, sistematis dan berbobot dengan tanpa memasang hiasan-hiasan blog yang tidak terlalu bermanfaat semacam shout-box, media jam dalam blog dan atau hiasan-hiasan lain yang tidak terlalu penting serta tidak mendukung keberadaan blog/web/situs.

Selanjutnya, dalam kerangka untuk meraih popularitas blog, saya hanya menerapkan langkah-langkah sederhana saja yaitu menerapkan fasilitas Instant Preview yang telah disediakan oleh Google Webmaster secara rutin setiap hari. Berikutnya men-submit artikel-artikel terbaru lewat fasilitas lintas.me, selanjutnya upaya yang tidak kalah pentingnya adalah blogwalking dengan meninggalkan komentar-komentar pada blog-blog yang dofollow dengan tanpa memperhatikan ranking blog tersebut. Artinya apa, blog ranking berapa pun pasti akan saya datangi, sepanjang blog tersebut terindikasi sebagai dofollow blog.

Hasil yang saya dapatkan dengan cara ini adalah : Pertama, blog CARA GAMPANG masih tetap mampu bertengger di urutan pertama Google search engine dengan keyword "cara gampang". Kedua, blog CARA GAMPANG ini hingga sekarang telah mampu mendatangkan minimal 25 real-visitor (pengunjung) untuk setiap harinya. Suatu hasil yang sangat-sangat menggembirakan mengingat usia blog CARA GAMPANG ini baru menginjak 5 (lima) bulan.

Berikut ini adalah penelitian jumlah visitor yang berkunjung ke blog CARA GAMPANG ini, mulai tanggal 01 Juni 2012 sampai dengan 10 Juli 2012 :


Dari gambar tersebut dapatlah disimpulkan bahwa sejak tanggal 15 Juni 2012, visitor blog CARA GAMPANG ini meningkat tajam menjadi 145 visitor/hari, dan jumlah pengunjung (visitor) yang tertinggi terjadi pada tanggal 07 Juli 2012 yaitu sebanyak 297 visitor/hari (perhatikan gambar di bawah ini).

Cara Gampang
 
Sungguh, hal ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa buat blog CARA GAMPANG ini.


Demikianlah artikel ini saya buat, semoga bermanfaat serta dapat memberikan motivasi kepada rekan-rekan blogger semua, terutama rekan-rekan blogger junior semacam saya ini.

1 komentar:

  1. SEP bener gan
    kalo blog artikelnya berkualitas pasti suka dikunjungi orang karena banyak sisi lebihnya dibanding blog yang biasa saja

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop