Kontes SEO atau kontes optimasi mesin pencari
adalah perlombaan dalam mengoptimasi sebuah kata kunci yang sudah
ditentukan oleh penyelenggara pembuat kontes SEO, dengan menggunakan situs
yang dimiliki para peserta di sebuah mesin pencari dan dibatasi m dengan jangka waktu tertentu yang telah ditentukan oleh penyelenggara kontes SEO tersebut. Dengan mengikuti kontes SEO kita dituntut untuk mengoptimalkan sebuah kata kunci dalam artikel atau postingan blog yang kita miliki agar dapat menduduki tempat teratas hasil pencarian atau urutan pertama sepuluh besar halaman pencari (SERP).
Sejarah
Kontes SEO pertama kali diadakan di Jerman oleh German Webmaster dengan kata kunci Schnitzelmitkartoffelsalat, dimulai pada 15 November 2002 dalam Bahasa Jerman. Usenet Group, Dalam Bahasa inggris kompetisi nigritude ultramarine
oleh SearchGuild secara garis besar mengklaim sebagai induk dari
seluruh Kontes SEO, kontes ini dimulai pada 7 Mei 2004 dan dua tahun
lalu dimenangkan oleh Anil Dash.
Aturan Kontes SEO
Pihak penyelenggara kontes SEO akan menentukan tema yang akan
dikompetisikan. Untuk menyamakan waktu permulaan kontes, penyelenggara
akan memilih tema yang kurang terkenal atau beberapa tema yang belum
pernah ada dimanapun di Internet,
Jikalau memang ada, tema tersebut biasanya memiliki kemunculan yang
minimal. Ini untuk memastikan para peserta yang sudah secara aktif
menggunakan metode-metode SEO atau optimasi mesin pencari untuk
memberikan peringkat tema tersebut akan mendapatkan situs atau blog
setiap peserta masuk dalam daftar beberapa hasil pencarian di mesin
pencari.
Kriteria kunci untuk menang dalam tipe kontes SEO seperti ini adalah
yang memperoleh posisi peringkat tertinggi untuk tema pencarian tertentu
yang dilombakan di mesin pencari yang telah di tentukan. Mesin pencari
harus terlebih dahulu ditetapkan sejak awal sebagai persyaratan utama,
karena mesin pencari yang berbeda akan meminta metode optimasi mesin
pencari yang berbeda pula.
Jenis-jenis Kontes SEO
Kontes SEO terdiri dari berbagai jenis menurut jumlah hadiah yang
diberikan dari penyelenggara kontes SEO dan menurut kemampuan yang
dimiliki peserta yang mengikuti kontes SEO tersebut, dibawah ini adalah
jenis - jenis dari kontes SEO.
Kontes SEO menengah bawah dan kecil
Biasanya para peserta yang mengikuti dalam kontes SEO kecil ini umunya
orang - orang yang suka tantangan dan tidak terlalu memperhatikan akan
besarnya hadiah, penyelenggara kontes adalah berasal dari individu, dan
kontes SEO kecil ini biasanya digunakan untuk menunjukkan kemampuan
peserta dan bagi peserta kontes ini menjadi lebih terkenal sudah cukup
meskipun hadiah dan link kembali yang didapat hanya sedikit.
Kontes SEO menengah atas dan besar
Kontes SEO menengah atas dan besar biasanya diadakan sebagai ajang
promosi produk dari penyelenggara, penyelenggara berasal dari perusahaan
, lembaga negara, dan organisasi, hal yang dicari oleh para peserta
adalah hadiah dari kontes SEO yang sangat besar dan berupa materil,
karena itu kontes SEO ini juga biasanya dikuti oleh peserta yang telah
memiliki kemampuan yang tinggi, sehingga menimbulkan persaingan yang
ketat antara situs para peserta di mesin pencari.
Taktik dan strategi
Beberapa webmasters atau peserta biasanya memiliki dua pilihan dalam
menaikan peringkat situs mereka di mesin pencari, cara yang jujur, aman,
dan diperbolehkan oleh mesin pencari adalah cara atau metode
pengoptimasian dengan trik White Hat SEO, metode ini mengoptimasi situs
dengan membuat meta tag description, meta tag keywords, dan sitemap atau dalam Bahasa indonesia dikenal dengan nama peta situs berekstensi XML pada situs mereka, juga mengubah title halaman sesuai kata kunci.
Sedangkan pilihan kedua para webmasters adalah metode Black Hat SEO
atau disebut optimasi mesin pencari lewat jalur hitam, cara yang
digunakan webmasters yang menggunakan jalur hitam ini adalah, spam,
menyembunyikan sebuah kalimat dihalaman situs mereka dengan cara
menyamakan warna kalimat dibuat dengan warna situs mereka, menambahkan
meta tag keywords secara berlebihan, redirect halaman, memasukan hidden
input, link farm, metode ini sangat tidak disukai oleh mesin pencari dan
apabila mesin pencari mendeteksi kecurangan ini pada situs terkait maka
mesin pencari akan segera memblokir situs terkait, dengan cara
menghilangkan situs ini dari setiap hasil pencarian mesin pencari.
Resiko Kejahatan
Karena situs yang dioptimasi biasanya memiliki PageRank
yang tinggi, sering situs ini dijadikan tempat untuk mencari link balik
ke halaman situs para spammer, dengan tujuan mendapat sebagian pagerank
yang dimiliki oleh situs yang memiliki PageRank yang tinggi tersebut,
yang dapat berakibat menurunnya PageRank dan mendapat penalti dari mesin
pencari.
Informasi yang dapat berguna untuk menambah wawasan, thanks for sharing
BalasHapus