#comments p a {display:none;} -->

PENDINGIN, PENGUAT SINYAL MODEM AC682

Written By Mona Nina on Jumat, 17 Februari 2012 | 00.32

PENDINGIN, PENGUAT SINYAL MODEM AC682, ini pada dasarnya adalah merupakan sebuah solusi ganda dalam rangka mengatasi kelemahan-kelemahan Modem SmartFren type AC 682. Kelemahan-kelemahan modem ini setidaknya telah terdeteksi ada 2 (dua) hal, yaitu tidak tahan panas dan kurang responsif terhadap sinyal-sinyal dalam artian modem ini akan bagus koneksinya bila mendapatkan sinyal yang penuh. Kelebihan modem ini adalah harganya relatif murah bila dibandingkan dengan tehnologinya yang telah menerapkan sistem EVDO (setara HSDPA). Selanjutnya, kecepatannya pun dapat diandalkan (bilamana ia mendapat sinyal penuh). Di dalam artikel terdahulu pernah di bahas cara yang paling sederhana untuk mendinginkan modem AC 682 ini.

Selanjutnya di dalam artikel ini akan coba kita share cara ganda untuk mengatasi kelemahan modem AC 682 ini, yaitu baik upaya mengurangi panasnya serta upaya memperkuat penerimaan sinyalnya.
Dalam hal ini saya bukan ahli tehnik-elektro atau yang sejenisnya, semua trik ini murni berdasarkan ajian coba-coba yang saya lakukan secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berangkat dari pola pemikiran mencari solusi ganda, maka terciptalah metode sederhana ini.
Metode pemecahannya pun saya rasakan cukup sederhana, yaitu hanya dengan mempergunakan sebuah kabel audio (kabel microphone) yang cukup bagus kualitanya (tentunya), sepanjang kira-kira 5 m. Contoh kabelnya seperti gambar di bawah ini :


Hasil yang kita peroleh dari uji-coba ini adalah : pertama, sinyal bertambah kuat dan kedua, modem berkurang panasnya. Perhatikan gambar dibawah ini yang menunjukkan adanya penambahan sinyal yang mampu diterima modem.


Adapun cara yang kita pergunakan adalah cukup sederhana, yaitu hanya berupa proses melilit dan membuat kumparan. Langkah pertama adalah, di kedua bagian ujung kabel tersebut kita kelupas lapisan isolatornya (bisa memakai gunting atau cutter) sepanjang kira-kira 50 cm untuk bagian yang pertama dan 20 cm untuk bagian yang kedua. Pada bagian yang kedua (20 cm) tadi lilitkan pada modem AC 682 dengan terlebih dahulu kita lapisi dengan aluminium tipis (seperti kertas) atau lactone. Jumlah lilitannya sekitar 5 (lima) lilitan. Perhatikan gambar di bawah ini.


Lilitan pada modem ini selain berfungsi untuk menginduksi sinyal  juga berfungsi untuk menyerap panas modem itu sendiri.
Selanjutnya, pada sisi yang lain (yang telah dikelupas lapisan isolatornya sepanjang 50 cm tadi) kita buat semacam kumparan bertingkat dengan diameter kira-kira 10 cm sebanyak 4 (empat) lapis seperti gambar berikut ini :


Fungsi kumparan ini adalah untuk membantu memperkuat perolehan sinyal. Gantungkan kumparan ini lebih kurang 3-4 m dari permukaan tanah, tetapi saat menggantungnya perhatikan pula tangkapan sinyalnya pada layar monitor (seperti gambar nomor 3 di atas).

Demikianlah tips sederhana ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

13 komentar:

  1. Strategi pendinginan yang sederhana, tapi mungkin dapat dipraktekkan juga ya ........

    BalasHapus
  2. Solusi two in one yang mantap

    BalasHapus
  3. Informasi yang menarik, murah meriah namun berhasil dan berdaya guna tinggi. Salam kenal persahabatan, bila ada sempat waktu silahkan main ke blog aku yang masih sangat-sangat baru. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Yah ... info murah meriah ... saya coba praktekkan ya mas bro

    BalasHapus
  5. Mantap sob, triknya murah meriah,thank sudah sharing

    BalasHapus
  6. Solusi Mantap... Mau coba ne..... bleh tau ngak... script template blognya....

    BalasHapus
  7. makasih , tulisan anda sangat menarik

    BalasHapus
  8. Dari sekian banyak inovasi, yang ini patut dicoba. Selain murah juga mudah. Thanks.

    BalasHapus