Breaking News
Loading...
Jumat, 08 Juni 2012

CIRI-CIRI WEBSPAM MENURUT GOOGLE PINGUIN

06.20
Algoritma Google Pinguin sangat tidak menyukai adanya web/blog yang termasuk ke dalam golongan Webspam untuk dapat menempati peringkat-peringkat elit di jajaran hasil pencarian Google. Web/blog yang tergolong ke dalam jenis webspam ini pasti akan dilibas dan ditendang keluar dari halaman pertama (10 blog/web) hasil pencarian Google search engine.
Berikut ini adalah ciri-ciri blog/web yang tergolong ke dalam kategori webspam  :

1. Mempergunakan hidden-text
Hidden text adalah text blog yang berwarna sama dengan latar belakang template blog yang kita pakai, hal ini dapat dikategorikan sebagai salah satu black hat seo, apalagi bilamana text yang kita sisipkan tersebut berupa kata kunci (keyword) blog. Nah Google Pinguin akan menganggap praktek demikian ini sebagai praktek spamming dalam dunia SEO.

2. Mempergunakan hidden-links
Sejalan dengan point pertama di atas, pemakaian hidden-links dengan warna yang sama dengan latar belakang template blog yang kita pakai dapat diterjemahkan sebagai tindakan spamming. Mengapa demikian ? Bagi sebagian orang (webmaster) link semacam ini dimanfaatkan untuk mendapatkan kunjungan tak terduga, dan bisa jadi dimanfaatkan untuk situs-situs affiliasi mereka. Dengan kata lain, menyembunyikan link seperti warna latar belakang blog yang kita pakai dapat dipergunakan untuk menjebak beberapa pengunjung/visitor blog untuk mengunjungi situs-situs/blog/web yang tidak diharapkan, dan karena sebab itulah, maka Google Pinguin menganggapnya sebagai suatu tindakan spamming.

3. Mempergunakan Keyword stuffing
Dalam membuat konten blog yang SEO friendly biasanya kita akan mengulang beberapa kata tertentu yang akan kita jadikan target kata kunci (keyword), tujuannya adalah agar prosentase keyword density menjadi meningkat yang pada akhirnya Google search engine akan beranggapan bahwa konten blog tersebut menjadi relevan untuk ditampilkan karena banyaknya keyword yang kita sebar di dalam konten (postingan) blog. Tindakan yang berlebihan ini akan langsung dianggap sebagai spam oleh Google Pinguin.

4. Menggunakan irrelevant-keyword
Membuat keyword yang tidak relevan dengan isi konten (postingan) blog kita dapat dikatakan sebagai salah satu usaha untuk memanipulasi pengunjung (visitor) dan spider bot. Oleh karenanya dalam hal ini perlu perhatian khusus saat kita menetapkan keyword blog kita, dan sudah selayaknya keyword tersebut adalah sesuai dengan isi/konten postingan yang ada dalam blog kita.

5. Mempergunakan Cloaking atau Sneaky Redirect
Situs atau blog yang menerapkan praktek Cloaking atau Sneaky Redirect ini sesungguhnya sangat merugikan pengunjung/visitor blog. Pada dasarnya setiap pengunjung/visitor ingin masuk serta membaca isi postingan blog kita, namun di sisi lain, ketika mereka telah berhasil masuk, ternyata dialihkan ke suatu halaman lain yang tidak mereka kehendaki. Baik manusia ataupun spider-bot sangat tidak menyukai hal ini, oleh karenanya Google Pinguin sangat gencar memberikan penalti terhadap situs-situs/blog/web yang mempraktekkan Cloaking atau Sneaky Redirect ini.

6. Mempergunakan Doorway-Page
Doorway page adalah usaha untuk mengelabui mesin pencari dengan menyajikan keyword dalam jumlah yang banyak dengan mempergunakan script tertentu (pengunjung tidak dapat melihat keyword ini, namun spider bot dapat melihatnya dengan jelas). Kebanyakan halaman dengan tehnik ini hanya menyajikan muatan konten yang minim dan kurang berkualitas, sehingga menjadikan tehnik ini sebagai salah satu black hat seo, yang tentu saja melanggar aturan Google Pinguin.

Uraian selanjutnya akan kami paparkan dalam bagian yang kedua. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini, hampir satu jam saya ada disini maklum disini banyak info yang menarik, nanti bila ada waktu saya akan kembali mengunjungi blog anda lagi :D



    #Semoga Sehat Selalu :)

    BalasHapus
  2. trimakasih gan bagi2 ilmu nya tetang web spm, yang agan bahas ini sangat berguna sekali.

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop