Blog CARA GAMPANG kali ini akan berbagi pengetahuan perihal Cara Gampang mengetahui Indikator Penilaian Alexarank, yang pada dasarnya menjadi penentu pe-ranking-an Alexa-rank. Indikator penilaian Alexa rank yang akan sedikit
dibahas pada artikel kali ini masih berputar pada dunia teorinya
terlebih dahulu, sebatas kemampuan yang saya miliki serta sedikit
masukan dari para pakar SEO (webmaster) yang telah menguraikan dalam beberapa artikelnya tentang Alexa rank
sendiri. Sebelumnya saya mohon maaf bilamana di dalam pembahasan nanti
masih kurang memuaskan, tetapi hanya itulah kemampuan saya yang masih
bisa bagikan kepada anda sekalian.
Di dalam artikel kupas tuntas Alexa rank, telah sedikit saya singgung perihal dua indikator utama yang dipergunakan oleh Alexa untuk menentukan tingkat reputasi suatu website/blog, yaitu berdasarkan Alexa Traffic (Reach) dan Alexa Pageviews.
Alexa Traffic (Reach)
berkaitan dengan total jumlah pengunjung (visitor) blog kita yang
tercatat di dalam server Alexa, tetapi jumlah pengunjung yang tercatat
tidak sepenuhnya sama dengan pengunjung yang secara real (nyata) telah
mengunjungi blog kita. Artinya apa ? Artinya, metode pencatatan traffic
yang diterapkan oleh Alexa
pasti tidak akan menghasilkan jumlah yang sama dengan pengunjung real
atau murni blog kita (berdasarkan indikator yang lain semacam Feedjit,
Histats, Whos-amung-us, Visitor counter dll), karena Alexa memiliki cara tersendiri untuk menentukan serta menghitung pengunjung (visitor) sebuah website/blog melalui Alexa toolbar maupun Alexa widget.
Artinya apa ? Pengunjung yang tidak memiliki Alexa toolbar pada
browsernya ataupun pengunjung melalui sebuah blog yang tidak memasang
Alexa widget, kemungkinan besar tidak akan diperhitungkan sebagai
pengunjung blog oleh Alexa. Tetapi mungkin juga akan dipertimbangkan sebagai unique-visitor.
Jadi dalam hal ini dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pengunjung yang
diperhitungkan oleh Alexa tidak semata-mata pengunjung yang benar-benar
datang dan mengunjungi blog kita (yang terdeteksi oleh widget-widget visitor selain Alexa).
Selanjutnya, pengunjung murni atau asli yang memang benar-benar datang
ke blog kita akan dipilah-pilah menjadi pengunjung yang tercatat dalam
pusat data (server) Alexa dan pengunjung yang tidak tercatat dalam server Alexa.
Data Alexa Traffic
untuk semua alamat website yang telah tersimpan di dalam server Alexa
selanjutnya akan diolah untuk kemudian dibuatkan perankingan serta
diurutkan mulai dari yang tertinggi sampai dengan yang ter-rendah yang
akhirnya dianggap atau diperhitungkan sebagai Alexa Reach (Traffic).
Berikutnya, indikator yang kedua adalah Alexa Pageviews
yang berkaitan dengan rata-rata jumlah halaman yang dibuka oleh
pengunjung (visitor) website/blog, tentunya hal ini tetap berkaitan
dengan pengunjung (visitor) yang tercatat di dalam server Alexa melalui Alexa Toolbar ataupun Alexa Widget.
Seorang pengunjung (visitor) yang berkali-kali mengunjungi satu Url
halaman website/blog yang sama akan tetap dihitung sebagai satu kali pageviews oleh Alexa.
Sebaliknya, bilamana pengunjung yang datang membuka dua Url halaman
yang berbeda, maka hal ini akan dihitung sebagai 2 (dua) kali pageviews.
Sebagai ilustrasi adalah Friendster.com yang memiliki rata-rata nilai Alexa pageviews
sebesar 22, artinya setiap pengunjung (visitor) rata-rata membuka 22
kali halaman yang berbeda untuk satu kali kunjungannya atau singkatnya
setiap pengunjung atau visitor selalu membuka 22 halaman baru
(rata-rata). Jadi dalam hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa Alexa Pageviews
ini dapat diidentikkan dengan fanatisme (loyalitas) setiap pengunjung
(visitor) website/blog yang kita miliki. Akhirnya kembali kepada konten
blog kita sendiri, seberapa menarikkah website/blog kita sehingga setiap
pengunjung (visitor) bersedia untuk membuka-buka halaman-halaman yang
ada dalam blog kita, yang pada akhirnya akan meningkatkan pageviews blog kita.
Sebagai tambahan, nilai Alexa rank
sebuah domain yang memiliki banyak sub.domain hanya akan dihitung untuk
level domain utamanya saja, misalkan Yahoo.com dengan begitu banyak
sub.domainnya semacam mail.yahoo.com, search.Yahoo.com, news.Yahoo.com
dan lain-lainnya hanya akan memunculkan nilai Alexa rank milik domain utamanya yaitu Yahoo.com. Lain halnya dengan situs personal atau blog yang telah dikenali oleh Alexa sebagai situs personal atau blog, maka nilai Alexa rank untuk masing-masing subdomainnya adalah berbeda-beda.
numpang tanya kk biasanya rank alexa itu naik atau tidak no data lagi setelah berapa bulan kk?
BalasHapusoke makasih sob, saya jadi tahu dari segi mana alexa meranking
BalasHapusoke makasi infonya..
BalasHapusSekarang alexa score bredmart masih 5 jt. Masih berusaha biar naik
BalasHapus