Breaking News
Loading...
Kamis, 01 Agustus 2013

MODUS-MODUS SPAMMING PADA KOMENTAR-KOMENTAR BLOG

08.26
Cara GampangCARA GAMPANG. Pada artikel terdahulu (membasmi link aktif visitor) telah diuraikan salah satu cara untuk mengurangi modus-modus spamming pada komentar-komentar blog ini. Telusur punya telusur, ternyata modus-modus spamming pada komentar blog tidak terbatas hanya pada penyisipan link-link aktif, namun lebih bervariasi sifatnya.

Sebenarnya apa definisi spam itu sendiri, berikut ini aku kutip pengertian yang diuraikan oleh Wikipedia.

Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming.
Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.
Beberapa contoh lain dari spam, yaitu pos-elektronik berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi.

Pada kesempatan kali ini CARA GAMPANG akan sedikit membahas modus-modus spamming pada komentar blog tersebut, sebagai berikut :

1. Komentar yang terlalu pendek.
Komentar visitor yang terlalu pendek ini mengesankan ke-tidak seriusan sang komentator dalam memberikan komentarnya. Coba bayangkan saja, ketika sang penulis artikel telah berusaha sedemikian rupa untuk menyajikan artikel yang panjang lebar, namun sebaliknya sang visitor hanya memberikan komentar yang pendek, semacam : Nice Share ..., Thanks for sharing ..., Mantap gan ..., Visit Me back ... dan lain-lain.

2. Komentar yang tidak sesuai dengan topik bahasan (OOT)
Sebuah komentar yang melenceng jauh dari topik bahasan (meskipun terlihat tulus) tetap saja merupakan hal yang mengecewakan. Contohnya begini : Topik artikel yang sedang dibaca (dibuka) membahas tentang Cara Menaikkan Pagerank Blog, sebaliknya sang komentator hanya memberikan kontribusi komentar yang demikian : Positingan yang bermanfaat .... atau Mantap, akan saya praktekkan. Sungguh sangat jauh dari topik bahasan dalam artikel tersebut, meskipun sepertinya memuji, namun sangat jauh dari yang diharapkan.

3. Komentar yang mempromosikan suatu produk.
Pada beberapa waktu lalu, blog CARA GAMPANG ini kebanjiran komentar yang mempromosikan produk obat-obatan herbal dan atau produk yang dapat di samakan dengan itu. Sungguh, suatu hal yang menggelikan sekali. Bayangkan, artikel blog membahas tentang Cara Merampingkan Peringkat Alexa, namun komentar yang masuk malah tentang obat-obatan herbal. Terus terang, aku hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala saat membacanya. Beberapa komentar semacam itu telah aku hapus, dan sampai saat ini pun aku sedang menyeleksi ulang komentar-komentar yang masuk.

4. Komentar yang mempergunakan keyword.
Modus berkomentar dengan mempergunakan keyword ini biasanya dilakukan oleh para blogger yang sedang mengikuti Kontes SEO tertentu. Untuk menggapai kemenangan, ia lakukanlah segala cara, yang penting bisa memenangkan kontes tersebut. Inilah salah satu bukti tentang dampak negatif adanya Kontes SEO, namun tidak berarti Kontes SEO itu jelek, sama sekali tidak, para pesertanya saja yang terkadang terlalu berlebihan dalam mendulang backlink sehingga menjurus ke arah 'ngawur' dan gelap mata.

5. Komentar yang mempergunakan fitur Anonymous.
Komentar-komentar dengan mempergunakan fitur Anonymous ini juga tergolong ke dalam modus spamming. Bilamana kita ingin berkomentar, berkomentarlah dengan identitas yang jelas, nggak perlu kita bersembunyi. Dalam beberapa kasus, komentar dengan mempergunakan Anonymous ini banyak menyebabkan terjadinya brokenlink pada sebuah blog dan tentu saja mengakibatkan kesehatan blog menjadi terganggu.

Dampak Negatif dari komentar-komentar spamming.
Berbicara tentang dampak negatif dari modus komentar spamming ini sudah jelas dapat dibaca, yaitu : menurunnya kredibilitas blog yang bersangkutan (karena dianggap sebagai webspam) sebagai sebuah blog yang menyediakan layanan spamming bagi para visitornya. Dampak berikutnya adalah sang komentator sendiri menjadi tidak dapat dipercaya lagi dan terkenal sebagai kaum spammer (akibat dari komentar-komentar yang ditulisnya tersebut).

Solusi untuk menghadapi komentar spamming.
Satu solusi yang paling ampuh untuk menanggulangi komentar-komentar spamming ini adalah dengan mengaktifkan modus moderasi komentar pada blog dengan platform blogger. Namun bagi saya hal tersebut juga kurang bagus. Meski bagaimanapun juga, keberadaan sebuah blog tidak dapat dilepaskan dari para pengunjung blog (visitor), artinya begini, sebagus apapun kualitas konten dan disain blog yang ada, hal tersebut tidak berarti apa-apa tanpa kehadiran seorang pengunjung (visitor). Oleh karenanya pergunakan saja cara-cara yang lebih bijaksana dalam menghadapi komentar-komentar spamming ini. Nggak perlu terlalu 'over-protected'. 

Demikianlah tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan dan manfaat bagi anda semua.

10 komentar:

  1. Waduh, ternyata sekarang harus berhati-hati saat meninggalkan komentar pada blog orang lain agar tidak dianggap spammer. Terima kasih atas informasinya, Salam blogger.

    BalasHapus
  2. Setelah membaca artikel ini saya jadi tahu banyak tentang model-model komentar spamming yang tidak bagus untuk perkembangan SEO sebuah Blog, salam sukses selalu.

    BalasHapus
  3. kalo buat saya komentar tukang obat gak masalah selama komentarnya nyambung, tapi ya itu harus diseleksi dulu :D

    BalasHapus
  4. Ternyata modus-modus spammer itu banyak nggak seperti yang aku kenal selama ini. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  5. emang yg OOT kayak gimana nih sob? jangan-jangan nih sobat juga tukang nyepam ya.. kok pengalam sekali dalam bahasan ini.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar anda ini termasuk OOT ......... mana ada visitor menyalahkan admin blog klo bukan anda .... ???

      Hapus
  6. Sebuah komentar dapat muncul manakala kita telah membaca secara seksama artikel yang sudah diterbitkan pada suatu blog atau situs sehingga diperoleh suatu ilmu atau kesimpulan dari blog yang bersangkutan, ada komentar berupa rasa puas ada pula rasa puas yang disertai sebuah pertanyaan!.Terimakasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namun yang lebih penting adalah kesesuaian antara komentar dengan artikel yang dikomentari

      Hapus
  7. Komentar spam memang harus dibatasi ...., kenapa sih harus nyepam ...., kalau cara kita berkomentar benar, pasti dapat backlink.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya komentar-komentar spam itu dipraktekkan oleh "blogger-blogger instan" dan tidak mau bersusah payah

      Hapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop