Breaking News
Loading...
Kamis, 08 Agustus 2013

GOOGLE AUTHOR RANK, REVOLUSI SEO DI DUNIA BLOGGER ?

17.11
Cara Gampang
CARA GAMPANG. Algoritma Google search engine selalu berubah secara sistematis mengikuti perkembangan jaman dan aktivitas-aktivitas di dunia blogging. Google sebagai salah satu penyedia layanan search engine selalu concern menyediakan hasil pencarian dengan halaman-halaman website/blog yang dipandang berkualitas baik dari sisi konten maupun kredibilitas Author (penulis) nya. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan layanan Google Plus sebagai suatu media sosial yang menyimpan sasaran rahasia berkaitan dengan Author Rank dari sebuah website/blog yang berjibun banyaknya.

Baiklah kita perhatikan petikan statemen Matt Cutts berikut ini : 

Social is good way to create a reputation for authors. If the reputation of content author is transparent, it will make the whole web better.

Social dalam hal ini Media Social adalah merupakan cara yang bagus untuk menentukan reputasi seorang Author (website/blog). Bilamana reputasi tersebut (content Author) dapat terlihat secara lebih transparan, hal ini akan membuat keseluruhan website/blog menjadi lebih baik. Dengan demikian dapatlah ditarik suatu kesimpulan bahwa reputasi seorang Content Author (penulis website/blog) pada dasarnya akan mampu mengangkat peringkat atau posisi website/blog yang bersangkutan.

Apa dan bagaimana cara kerja Author Rank ini ?

Sebelum adanya Google Plus, Google search engine tidak memiliki cara yang solid untuk menyelidiki dan atau mengetahui siapa sebenarnya pemilik dari sebuah blog / situs. Google Plus bersama dengan Google Authorship seakan menjadi solusi terbaik dari permasalah tersebut. Semenjak permasalahan tersebut terpecahkan, Google mencari terobosan baru dengan meranking para Author Blog tersebut, sama halnya dengan mereka meranking sebuah halaman (page). Di sinilah awal munculnya gagasan dari Author Rank tersebut.

Author Rank secara efektif akan mempengaruhi hasil pencarian konten sobat pada search engine. Reputasi sobat sebagai content creator (content author) akan mempengaruhi seberapa baik SERP (Search Engine Result Page) dari konten-konten website/blog tersebut.

Sejauh ini, kita mengetahui bahwa Author Rank merupakan sebuah sistem atau metode perankingan baru. Tetapi kita harus ingat sistem ini tidak akan merubah algoritma yang telah digunakan Google saat ini (Google Panda, Penguin dan Dinosaurus). Dalam hal ini Author Rank hanya bertindak sebagai suplemen saja. Author Rank akan memberikan informasi kepada page rank, ini berarti bahwa author yang  beranking tinggi akan mempengaruhi SERP kearah yang lebih baik.

Kondisi ini menunjukan kepada kita, bahwa Google sekarang sedikit menggeser fokus utama dalam melakukan perankingan sebuah website/blog kearah individu / author yang menghasilkan konten-konten yang baik dan berkualitas. Cara Google mengukur tingkat kepercayaan sebuah situs pun sangat menarik, Google nampaknya mulai menyukai blog yang "going social" (terhubung dengan baik terhadap pembacanya pada social network). Sepertinya Google meyakini bahwa blog yang terpercaya adalah blog yang authornya mampu berinteraksi dengan pengunjung / pembacanya dengan baik. Mengetahui hal tersebut, kita sebagai blogger sebaiknya mulai untuk going social sejak sekarang, karena hal ini akan menjadi salah satu kunci perankingan Google. Seberapa bagus konten yang sobat tulis dan seberapa baik interaksi sobat dengan pembaca akan memberikan kontribusi pada tinggi rendahnya Author Rank sobat. Untuk itu kedua hal tersebut harus diperhatikan dengan baik.

Perhatikan gambar di bawah ini yang merupakan bukti penerapan Author Rank pada SERP.

Cara Gampang

Gambar atau foto yang ditampilkan adalah merupakan hasil interaksi Google Plus dengan sebuah website/blog. Hal ini merupakan bukti pengaruh Author Rank terhadap hasil pencarian oleh Google search engine.

Gambaran ke masa depan.

Penerapan Author Rank di masa yang akan datang bukan tidak mungkin menghasilkan suatu Revolusi SEO di dunia blogger (bisa jadi khusus yang berplatform blogspot). Indikasinya jelas, bahwa pada data-data akun Google Plus terdapat isian-isian yang menyangkut kontributor dan website/blog tautan, yang mana hasil isiannya selalu ditampilkan pada hasil pencarian oleh Google search engine (seperti gambar di atas). Sebagai blogger sejati, kita wajib mempersiapkan diri menghadapi hal tersebut.

Sampai di sini dulu, semoga bermanfaat.

11 komentar:

  1. mantap sekali, sepertinya ini juga ada hubungannya sama komentar google plus yang disematkan di blog

    BalasHapus
  2. Wah ini informasi dan prediksi yang cukup mantap, berkualitas dan berdasarkan fakta-fakta yang cukup valid. Sukses selalu dan salam blogger.

    BalasHapus
  3. Berarti untuk saat sekarang kita harus meningkatkan performa author blog nya dulu ya ..... ?

    BalasHapus
  4. Baru tahu aku tentang masalah Author-Rank, sebuah kajian yang menarik, akan aku coba untuk praktekkan. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus
  5. Google Author Rank memang sebuah inovasi baru yang cukup bagus untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian Google search engine.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob, setuju. Selain kualitas kontent/artikel/post, juga kualitas dari si Penulis, Author Rank.

      Hapus
  6. ternyata google author link juga banyak manfaatnya

    BalasHapus
  7. Saya jadi ikut tahu nih, tentang Author Rank ini sobat.
    Artikel ini membuat saya ingat kembali, art penting reputasi penulis yang dikehendaki mbah Google

    BalasHapus
  8. Memang benar gan google + pereran sangat penting untuk perkembangan seo blogger. Interaksi autor dan publik g+ ikut dinilai oleh google

    BalasHapus
  9. Saya tadinya belum mengerti seberapa penting peranan social media melalui google plus dalam menentukan ranking semuah situs atau website, sekarang saya sudah mendapat gambarannya, terimakasih atas infonya!

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop