Breaking News
Loading...
Sabtu, 22 Juni 2013

MEMPERBAIKI URL BLOG YANG DICEKAL OLEH GOOGLE

01.28
Cara Gampang BlogPernahkah anda mengalami beberapa url blog anda dicekal oleh Google ? Pada awalnya aku tidak terlalu ambil pusing dan tidak mau dipusingkan dengan url-url aku yang dicekal oleh Google, karena aku yakin tidak pernah melakukan hal-hal yang bersifat black-hat seo ataupun melakukan tindakan-tindakan spamming pada blog-blog lain. Namun, saat aku coba menggunakan Webmaster Tool, tenyata url blog aku yang dicekal menginjak angka 95, padahal postingan aku hanya 148 postingan, artinya hanya memiliki 148 url postingan ditambah dengan 1 url halaman home-page. Berarti hampir 95 % url blog aku di cekal oleh Google. Benarkah demikian ? Aku nggak tahu juga yach ..... ?

Lama kelamaan aku jadi berpikir juga, kenapa begitu banyak url blog aku yang dicekal ? Apa sebabnya ? Blogwalkinglah aku, mencari tahu tentang apa, kenapa dan bagaimana solusi untuk menghadapi hal ini ? Sampailah aku pada pendapat seorang sahabat blogger tentang akibat url yang dicekal, begini  :

"Begitu pula efeknya pada blog kita yang Url artikelnya dicekal oleh google. Ibarat kata Url kita dilarang tampil sehingga blog kita sulit terindex bahkan untuk artikel baru sekalipun . Dengan begini tentu efek buruknya adalah menurunnya traffic pada blog kita. Sangat disayangkan bukan, kita sudah susah-susah membuat artikel yang orisinal tetapi ujung-ujungnya untuk dicekal. Jadi sia-sia bukan."
http://tiportips.blogspot.com/2013/05/Tips-Jitu-Cara-Mengatasi-Url-Yang-Dicekal.html
Wouw. miris juga, dan memang aku sendiri merasakan traffic blog aku ini semakin lama semakin menurun juga. Apa ini yang menjadi dampak terlalu banyaknya url blog aku yang dicekal tersebut ? Nggak tahu juga sih ........ ? Terus terang dalam hal ini aku enggan untuk membahasnya, namun aku tetap ingin berbagi tentang cara mengatasi url yang dicekal oleh Google. Berikut ini caranya  :
Cara Mengatasi Url Yang Dicekal

1. Untuk mengatasi url yang dicekal anda harus login terlebih dahulu ke akun blog anda.
2. Masuk ke dashboard kemudian klik setting.
3. Selanjutnya pilih search preferences.
4. Berikutnya klik edit pada custom robot txt, lalu klik Ya pada Enable custom robot txt content. 
Perhatikan gambar berikut ini.

Dari mana mendapat script nya ? Dari Webmaster Google, fitur kesehatan, url yang dicekal  seperti gambar di bawah ini  :


Dari gambar tersebut ternyata bahwa url blog CARA GAMPANG ini yang dicekal adalah akibat pengiriman uji peta situs (site-map) yang aku kirimkan dengan mempergunakan format http://caragampang21.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated. Jadi bukan karena sebab-sebab perilaku blogging yang negatif. Wah .............. cukup melegakan juga .......... ?!!!

Namun, dalam hal ini aku masih belum merasa lega juga, karena blog yang aku miliki belumlah sehat 100 %, dan oleh karenanya masih perlu diperbaiki juga agar menjadi lebih sehat.

Untuk memperbaikinya telah aku uraikan mulai dari nomor 1 sampai dengan nomor 4 di atas, copy script yang berasal dari Webmaster Google dan hilangkan tulisan /search.  Simpan dan selesai. Namun untuk hasilnya, kita mesti bersabar, tunggu aja beberapa hari, beberapa minggu atau bahkan bisa jadi beberapa bulan ......... Namun satu hal yang pasti, url blog kita yang dicekal akan berkurang.

Demikianlah uraian aku ini, semoga dapat bermanfaat.
 

18 komentar:

  1. dicekal mungkin sobat dianggap melakukan tindakan yang mengarah spam mungkin sob. Apalagi dalam berkomentar nggak pernah menggunakan akun profil blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan melakukan spam mas bray, dicekal karena aku pasang submite sitemap dengan format feeds/posts/default?orderby=updated, sedang dalam setting bloggernya belum aku aktifkan fitur meta description, jadi ada miss saat proses crawling oleh Webmaster Google.

      Akun profil blogger aku telah terintegrasi dengan akun Google plus, jadi setiap menulis komentar ..., yang muncul yh profil Google plus nya ....

      Hapus
  2. pemulihannya biasanya berapa hari ya mas bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pemulihannya ini yang sulit ditentukan jangka waktunya, tergantung ama mbah Google nya .... kalau aku sih kurang sabar, aku hapus aja model sitemap yang bikin url dicekal......, beres dah ...

      Hapus
  3. Kalau pengalaman saya..
    Butuh waktu 2 blan untuk menghapus 86 url yg di cekal di blog saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman yang sangat berharga, thanks for sharing

      Hapus
  4. menurut saya.
    Disallow: /search merupakan directory, setiap postng akan otomatis masuk ke directory search, contohnya, kita klik label, atou older post, maka bot googlel melarang untuk index kembali posting yang sama dengan Disallow: /search
    semua posting blog kita akan di index bot karena di baris ke 6 ada Allow: berarti semua bot partner google bisa akses conten di directory /pubic_html dan tidak di directory /search.
    apabila anda main adsense, menghilangkan /search di robots.txt, akan terjadi error crawler yg jumlahnya ribuan, tergantung berapa ramainya pengunjung yang klik label atou older post. karena bot adsense hanya memonitor url conten normal. kalau /search kita buang, maka bot akan membaca url baru, yaitu /search, maka terjadi error.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas penjelasan yang panjang lebar, semoga bermanfaat bagi kita semua

      Hapus
  5. yang di cekal itu adalah hasil perayapan bot di directory /search, sebanyak artikel anda, sebanyak itulah url yg di cekal, kecuali blog anda tidak menggunakan lebel dan posting nya hanya di index saja, sekitar 3-5 posting, maka tidak ada older post, maka tidak ada url yg di cekal.
    terimakasih sudah berbagi ilmunya.

    BalasHapus
  6. Terimakasih sob.
    mudahan -mudan dengat trik diatas bisa berkurang url blog saya yang di cekal nantinya. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama friend, aku juga terus berusaha untuk mengurangi url blog yang dicekal ini.

      Hapus
  7. apa karna site map yag kita submit ke google. sehinnga url kita dicekal?

    BalasHapus
  8. Menurut saya, menghilangkan /search, sama saja dengan mengijinkan label terindeks google, coba perhatikan url untuk label, misal http://contoh.blogspotdotcom/search/label/nama label....jadi mungkin akan banyak timbul meta tag duplikat dari label, dan meta tag yang sudah dibuat nofollow di edit html jadi gak mempan..

    BalasHapus
  9. makasih untuk infonya gan..

    blogwalking

    BalasHapus
  10. udah nyoba tp lama banget ngurangnya gan...
    3 minggu bru sekitar 10 berkurangn'a

    BalasHapus
  11. mantaps infonya langsung praktek gan...

    BalasHapus
  12. terimakasih banyak, sangat membantu sekali nih ilmunya..

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop