Breaking News
Loading...
Minggu, 24 Juni 2012

CARA GAMPANG ANALISA EFEKTIFITAS KEYWORD

15.09
Blog CARA GAMPANG kali ini akan berbagi informasi tentang Cara Gampang analisa efektifitas keyword. Analisa efektifitas keyword ini dituliskan berdasarkan pengalaman pribadi mengelola blog CARA GAMPANG ini serta sesuai dengan pemahaman serta keterbatasan pengetahuan kami tentang dunia blogging. 

Keyword atau kata kunci pada dasarnya adalah berupa sebuah atau rangkaian kata-kata yang dipergunakan untuk menemukan sebuah web/blog/situs yang kita perlukan. Penentuan keyword yang tepat akan menentukan posisi web/blog/situs pada hasil pencarian suatu mesin pencari, seperti Google search engine (yang umum).

Banyak webmaster dan para pebisnis online, selalu berbicara tentang bagaimana menemukan kata kunci yang terbaik, optimasi keyword yang lebih bertarget sehingga mereka mendapat keuntungan yang lebih tinggi, semacam naiknya visitor ke blog mereka, serta keberhasilan lainnya  yang berhubungan dengan bisnis online mereka.

Kata kunci memang merupakan hal penting agar blog kita mendapat tempat yang baik di mesin pencari (Google, Yahoo, MSN). Sebagai contoh jika seseorang yang ingin mempelajari  seo bagi pemula, kemudian ia mengetik kata “ belajar seo pemula “ di search engine google. Maka akan muncul ribuan bahkan jutaan posting di hasil pencarian. Nah ,,ketika blog atau website kita berada di peringkat 1, maka akan ada peluang orang tersebut untuk mengunjungi blog kita. Saya sendiri beranggapan  bahwa banyak orang lebih memilih mengunjungi blog yang berada di halaman pertama (hasil pencarian) atau urutan 1 – 10. Maka dari itu, sebagai seorang blogger, sangatlah penting untuk mempelajari kata kunci atau keyword tersebut.
Pentingnya Kata Kunci Untuk Keberhasilan Bisnis Online.

Kata kunci akan berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis online kita. Sebagai contoh seorang blogger yang mempunyai blog yang dipasangi iklan adsense. Maka ia akan memilih strategi dan metode yang dibutuhkan misalnya bagaimana cara menarik visitor atau pengunjung blog, memilih HPK (high paying keyword), sehingga ia akan mendapatkan keuntungan yang optimal. Contoh lain misalnya seorang pebisnis online yang ingin melakukan promosi bisnisnya melalui website, maka ia pun tidak akan lepas dengan mempelajari kata kunci agar website miliknya dikenal banyak orang.

Mungkin sedikit pengantar di atas akan lebih membuat kawan – kawan mengerti arti penting kata kunci dan apa itu keyword. Berikut ini merupakan tulisan yang saya buat ringkasan, kemudian di posting yang lain mungkin akan saya bahas satu per satu di blog CARA GAMPANG ini.

Kata kunci dalam URL
Kata kunci dalam URL dari situs web. Saya berpendapat hal ini membantu dalam posisi website pada kata kunci tersebut. Sebagai contoh: Untuk pencarian "cara membuat blog" domain http://www.caramembuatblog.com , mungkin berada pada  posisi yang baik. 
Kata kunci dalam judul atau "title"
Ini adalah salah satu yang paling penting karena isi tag "Judul" akan ditampilkan di search engine. 
Keyword dalam konten atau posting
Merupakan pertimbangan penting untuk menentukan relevansi kata kunci. Selain itu kita juga harus mempertimbangkan keyword density atau kepadatan kata kunci.
Kata kunci dalam teks link
Juga penting karena menentukan subjek halaman yang sedang diakses. 
Kata kunci dalam header tag H1, H2 ...
Hal ini penting untuk mengukur apa yang bisa digunakan pada header tag H1, H2, H3 ... . Untuk yang ini saya masih mempelajari dan belum berani memberikan tips.
Kata Kunci pada awal postingan
Kata kunci di awal, dari berbagai referensi yang saya baca, akan memberikan posisi yang baik pada mesin pendari. 
Kata kunci dalam atribut alt
Spider tidak dapat membaca gambar dan diagram, sehingga spider akan mengindeks atribut alt pada gambar. Untuk mempelajari ini, kamu bisa membaca posting blog ini yang berjudul “optimasi seo pada gambar
Kata kunci dalam meta tags
Hal ini juga penting, untuk menempatkan keyword pada meta tags description dan keyword. Saya mengibaratkan ketika kamu masuk perpustakaan dan mencari buku berjudul jejak – jejak ekonomi syariah , maka kamu akan memilih rak dengan kategori ekonomi kemudian mencari  buku tersebut. Begitu juga Google, Secara sederhana saya berpendapat bahwa spider akan mengindeks meta tags deskripsi kemudian judul posting

Selain hal-hal tersebut di atas ada sedikit hal yang mungkin juga harus kita pelajari dalam optimasi seo dan memahami berbagai hal mengenai kata kunci.

Judul Spoiler:
Kepadatan  kata kunci (keyword density)
Adalah kedekatan antara kata kunci yang satu dengan yang lainnya. Misalnya dalam membuat sebuah posting. Kepadatan kata kunci adalah rasio dari sebuah kata atau frase untuk total kata dalam teks. Misalnya, untuk sebuah teks dari 100 kata, jika sebuah kata muncul 5 kali, kepadatan adalah 5%.
Frase kata kunci
Ini adalah konsep penempatan kata kunci yang membentuk frase kunci. Misalnya, “belajar seo”, "belajar seo bagi pemula", “ seo untuk pemula” dan lain-lain. 
Kata kunci sekunder
Mengoptimalkan kata kunci sekunder untuk mendukung kata kunci utama berdasarkan kompetensi . Misalnya jika kata kunci utama “cara membuat facebook”. Kita dapat memilih keyword sekunder misalnya “cara mudah membuat facebook”, ”cara bikin fb baru”. Kemudian keyword tersebut kita tempatkan dalam postingan.
Sintaksis kata kunci
Jika kita membuat kesalahan mengetik kata kunci dalam blog kita, mungkin akan berpengaruh dalam pencarian di search engine. Sehingga sebelum memposting artikel, sebaiknya kita memilih judul yang tepat dan teliti dulu apakah terjadi kesalahan penulisan, karena ketika sudah diposting meski sudah diedit, url tidak akan berubah. Misalnya kita membuat judul posting “cara membuat facebook”, namun salah ketik jadi “cara membuwat faceboook” maka hal ini akan tidak berarti pada search engine bilamana keyword yang telah kita tetapkan berbunyi "membuat facebook".


Bagaimana Menganalisa Keyword di dalam Blog?

Gunakan Google Webmaster Tools. Bagi sobat yang belum mendaftar ke sana segera daftar yah. Ada banyak tools yang berguna disana bagi seorang webmaster seperti sobat. Setelah terdaftar dalam layanan Webmaster Tools, coba analisa keyword apa saja yang membuat pengunjung menclok ke blog sobat:

Berikut ini merupakan contoh hasil analisa dengan Google Webmaster Tools


Disamping itu kita dapat mencoba melakukan tes efektifitas keyword blog yang kita miliki dengan mengetikkan beberapa frasa kata (yang bisa jadi menjadi judul artikel blog) ke dalam mesin pencari, dan kemudian lihat hasilnya. Contoh gambar di bawah ini.

Agar lebih mantap, cobalah dengan mempergunakan variasi keyword yang lainnya, periksa hasilnya.

Contohnya adalah seperti yang saya lakukan ini  :

Test Keyword:
cara gampang menembus 10 besar            Ranking 1 dari 2.670.000
cara gampang menaikkan Google page            Ranking 1 dari 32.400.000
cara gampang memahami                Ranking 1 dan 2 dari 4.000.000
cara gampang hidup sehat                Ranking 4 dari 10.900.000
cara gampang memaksimalkan Google            Ranking 1 dan 2 dari 1.990.000
cara gampang mendapat Google backlink        Ranking 1 dari 6.340.000
cara gampang posting terindeks Google            Ranking 1 dari 1.300.000
cara gampang membuat animasi                Ranking 4 dari 8.730.000
cara gampang memasang widget            Ranking 1 dan 2 dari 8.190.000
cara gampang optimasi blog                Ranking 1, 2, 3 dan 4 dari 2.740.000
cara gampang menjadi                    Ranking 2 dari 31.400.000
cara gampang membuat kotak admin            Ranking 2 dari 5.360.000
cara gampang bikin related                Ranking 2 dari 8.240.000
tentang dan seputar kontes seo                Ranking 1 dari 1.540.000
mendapat backlink dari facebook                Ranking 1 dari 1.390.000
proses compare Google webmaster            Ranking 1, 2, 3 dan 4 dari 1.710.000
berkomentar untuk dapat                Ranking 1 dari 3.820.000
strategi menang kontes                    Ranking 1 dan 2 dari 1.480.000
strategi menang kontes seo                Ranking 2 dan 3 dari 1.050.000
optimasi blog lewat                    Ranking 3 dari 2.220.000

Dengan cara yang telah saya paparkan ini anda tentu akan dapat menilai sendiri seberapa jauh atau seberapa besar kekuatan atau efektivitas keyword blog yang anda miliki. Sampai di sini dulu semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. terima kasih atas artikel ini sangat bermanfaat
    saya sedang mencari ini.
    terima kasih sudah share :D



    #Salam Sehat Selalu

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop