Blog CARA GAMPANG kali ini akan berbagi informasi tentang Cara Gampang analisa efektifitas keyword. Analisa efektifitas keyword ini dituliskan berdasarkan pengalaman pribadi mengelola blog CARA GAMPANG ini serta sesuai dengan pemahaman serta keterbatasan pengetahuan kami tentang dunia blogging.
Keyword atau kata kunci pada dasarnya adalah berupa sebuah atau rangkaian kata-kata yang dipergunakan untuk menemukan sebuah web/blog/situs yang kita perlukan. Penentuan keyword yang tepat akan menentukan posisi web/blog/situs pada hasil pencarian suatu mesin pencari, seperti Google search engine (yang umum).
Banyak webmaster dan para pebisnis
online, selalu berbicara tentang bagaimana menemukan kata kunci yang
terbaik, optimasi keyword yang lebih bertarget sehingga mereka mendapat
keuntungan yang lebih tinggi, semacam naiknya visitor ke blog mereka, serta
keberhasilan lainnya yang berhubungan dengan bisnis online mereka.
Kata kunci memang merupakan hal penting
agar blog kita mendapat tempat yang baik di mesin pencari (Google,
Yahoo, MSN). Sebagai contoh jika seseorang yang ingin mempelajari seo
bagi pemula, kemudian ia mengetik kata “ belajar seo pemula “ di search
engine google. Maka akan muncul ribuan bahkan jutaan posting di hasil
pencarian. Nah ,,ketika blog atau website kita berada di peringkat 1, maka
akan ada peluang orang tersebut untuk mengunjungi blog kita. Saya
sendiri beranggapan bahwa banyak orang lebih memilih mengunjungi blog
yang berada di halaman pertama (hasil pencarian) atau urutan 1 – 10. Maka dari itu,
sebagai seorang blogger, sangatlah penting untuk mempelajari kata kunci
atau keyword tersebut.
Pentingnya Kata Kunci Untuk Keberhasilan Bisnis Online.
Kata kunci akan berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis online kita. Sebagai contoh seorang blogger yang mempunyai blog yang dipasangi iklan adsense. Maka ia akan memilih strategi dan metode yang dibutuhkan misalnya bagaimana cara menarik visitor atau pengunjung blog, memilih HPK (high paying keyword), sehingga ia akan mendapatkan keuntungan yang optimal. Contoh lain misalnya seorang pebisnis online yang ingin melakukan promosi bisnisnya melalui website, maka ia pun tidak akan lepas dengan mempelajari kata kunci agar website miliknya dikenal banyak orang.
Mungkin sedikit pengantar di
atas akan lebih membuat kawan – kawan mengerti arti penting kata kunci
dan apa itu keyword. Berikut ini merupakan tulisan yang saya buat
ringkasan, kemudian di posting yang lain mungkin akan saya bahas satu
per satu di blog CARA GAMPANG ini.
Kata kunci dalam URL
Kata
kunci dalam URL dari situs web. Saya berpendapat hal ini membantu dalam
posisi website pada kata kunci tersebut. Sebagai contoh: Untuk
pencarian "cara membuat blog" domain http://www.caramembuatblog.com ,
mungkin berada pada posisi yang baik.
Kata kunci dalam judul atau "title"
Ini adalah salah satu yang paling penting karena isi tag "Judul" akan ditampilkan di search engine.
Keyword dalam konten atau posting
Merupakan
pertimbangan penting untuk menentukan relevansi kata kunci. Selain itu
kita juga harus mempertimbangkan keyword density atau kepadatan kata
kunci.
Kata kunci dalam teks link
Juga penting karena menentukan subjek halaman yang sedang diakses.
Kata kunci dalam header tag H1, H2 ...
Hal
ini penting untuk mengukur apa yang bisa digunakan pada header tag H1,
H2, H3 ... . Untuk yang ini saya masih mempelajari dan belum berani
memberikan tips.
Kata Kunci pada awal postingan
Kata kunci di awal, dari berbagai referensi yang saya baca, akan memberikan posisi yang baik pada mesin pendari.
Kata kunci dalam atribut alt
Spider
tidak dapat membaca gambar dan diagram, sehingga spider akan mengindeks
atribut alt pada gambar. Untuk mempelajari ini, kamu bisa membaca
posting blog ini yang berjudul “optimasi seo pada gambar “
Kata kunci dalam meta tags
Hal ini juga penting, untuk menempatkan keyword pada meta tags
description dan keyword. Saya mengibaratkan ketika kamu masuk
perpustakaan dan mencari buku berjudul jejak – jejak ekonomi syariah ,
maka kamu akan memilih rak dengan kategori ekonomi kemudian mencari
buku tersebut. Begitu juga Google, Secara sederhana saya berpendapat
bahwa spider akan mengindeks meta tags deskripsi kemudian judul
posting.
Selain
hal-hal tersebut di atas ada sedikit hal yang mungkin juga harus kita pelajari dalam
optimasi seo dan memahami berbagai hal mengenai kata kunci.
Judul Spoiler:
Bagaimana Menganalisa Keyword di dalam Blog?
Gunakan Google Webmaster Tools. Bagi sobat yang belum mendaftar ke sana segera daftar yah. Ada banyak tools yang berguna disana bagi seorang webmaster seperti sobat. Setelah terdaftar dalam layanan Webmaster Tools, coba analisa keyword apa saja yang membuat pengunjung menclok ke blog sobat:
Berikut ini merupakan contoh hasil analisa dengan Google Webmaster Tools
Disamping itu kita dapat mencoba melakukan tes efektifitas keyword blog yang kita miliki dengan mengetikkan beberapa frasa kata (yang bisa jadi menjadi judul artikel blog) ke dalam mesin pencari, dan kemudian lihat hasilnya. Contoh gambar di bawah ini.
Agar lebih mantap, cobalah dengan mempergunakan variasi keyword yang lainnya, periksa hasilnya.
Contohnya adalah seperti yang saya lakukan ini :
Test Keyword:
terima kasih atas artikel ini sangat bermanfaat
BalasHapussaya sedang mencari ini.
terima kasih sudah share :D
#Salam Sehat Selalu