Breaking News
Loading...
Jumat, 03 Februari 2012

MEMBUAT BACKLINK YANG BERKUALITAS

Cara membuat backlink yang berkualitas adalah merupakan bagian penting dari aktivitas blogging on time. Seorang pemain akan punya rating tinggi di googling kalau blog yang dikelola punya dukungan backlinking yang sangat kuat. Lalu bagaimana cara membuat backlink agar link yang diperoleh benar benar berkualitas. Menurut newbie seperti saya, ada 4 langkah utama yang harus kita perhatikan agar bisa mendapatkan dukungan backlink bermutu.

Pertama, pastikan blog anda telah berisi konten yang saling berhubungan (artikel-pilar), tapi jangan dibuat mirip, karena kemiripan konten dalam sebuah blog tidak disukai oleh google panda. Perlu sekali diingat bahwa pada prinsipnya google memberikan tekanan nilai pada kualitas per halaman. Sementara mutu blog secara keseluruhan ditentukan oleh kualitas per artikel yang dipublish. Maka sangat penting agar kita selalu memberi google dengan konten original dan mudah dipahami oleh manusia. 

Kedua, ketika kita telah yakin bahwa artikel telah dibuat dengan kualitas sebaik baiknya, maka kita bisa membuat backlink dari external web. Jangan terlalu membeda-bedakan antara blog dofollow atau nofollow, karena keduanya sama sama penting dan sesuai aturan, google panda tetap menghitung rel nofollow sebagai backlink. 

Ketiga, saat anda membuat tautan disitus luar maka buatlah anchor teks yang tepat sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Misalnya anda akan menargetkan kata kunci SATE BURUNG DARA agar menjadi nomor satu di google, maka link yang kita buat juga mengandung frasa tersebut, atau bisa juga mengambil satu atau dua kata dari yang ditargetkan. 

Dan cara yang keempat adalah biasakan membuat artikel di website lain dengan memberikan unsur kemiripan pada blog utama. Kita bisa memanfaatkan layanan blog dummy untuk melaksanakan strategi ini. Kalau blog utama membahas tentang negara indonesia, maka blog dummy bisa diisi dengan pola pemerintahan, kehidupan di propinsi lain, sejarah bangsa, dan lain sebagainya. Dengan cara memperkuat blog utama dengan link dari blog dummy maka kemungkinan besar backlink yang dihasilkan lebih baik daripada meninggalkan komentar, social bookmark submited, dan lain sebagainya. 

Cara lain dalam membuat backlink berkualitas adalah dengan menerima link natural yang diberikan secara cuma-cuma oleh rekan blogger lain. Kedepannya semua pengelola blog membutuhkan dukungan link yang natural baik dari blog dofollow maupun nofollow. Dengan segala teori yang berkembang maka tetaplah wajar dalam membuat backlink agar tak dianggap melakukan spaming.


24 komentar:

  1. Artikel yang menarik, bermanfaat, dan sangat inspiratif. Thank's

    BalasHapus
  2. @Ferry W : Berkomentar itu bagus, tetapi lain kali jangan melakukan spam, pasti akan saya hapus mas bro

    BalasHapus
  3. Salam kenal,
    Saya membaca tentang penjelasan link berkualitas di blog ini, tapi ada beberapa hal yang masih bingung :P
    Numpang nanya ya gan, point 4 tentang blog dummies?? saya masih belum pahan tentang bikin blog lain yang memperkuat blog kita? maksudnya?
    Mohon penjelasan gan.. terima kasih

    BalasHapus
  4. @tito : Cara membuat blog dummiess itu sama dengan membuat blog utama (blog yang sudah kita miliki sekarang)... hanya saja pada bagian postingannya terdapat anchor-text yang berfungsi memberikan backlink kepada blog utama. Thanks, happy blogging.

    BalasHapus
  5. saya suka dengan artikelnya gan, dengan membaca artikel nya saya jadi bertambah pengetahuan tentang dunia blogging bagai mana cara membangun backlink yang berkualitas gan.
    makasih ya udah mau shear gan.

    BalasHapus
  6. makasi untuk infonya....

    tolong di lihat nyah...
    www.adha-white-series.com

    BalasHapus
  7. @Yandi Adi Prasetya : Untuk mendapat backlink yang paling sederhana adalah dengan berkomentar pada blog-blog yang telah memiliki posisi SERP yang bagus ... Salam

    BalasHapus
  8. Nice infonya sob..
    saya masih belum tau cara membuat backlink yang berkualitas..
    slam kenal..
    semoga blog semakin sukses..

    http://www.cinema2satu.web.id/

    BalasHapus
  9. wah kalo cara seperti itu saya masih belum donk mas. apalagi poin no 3 itu tambah bingung.. cara detailnya gimana mas yang no 3. please sarannya

    BalasHapus
  10. @teknologikomputer9 : Sebenarnya cara yang ke 3 itu telah anda praktekkan saat menulis komentar di blog ini ....., yah itulah cara yang ketiga. Coba anda cek posisinya dengan mengetikkan "keyword" tersebut pada jendela Google ...., bagaimana hasilnya ?

    BalasHapus
  11. ok sob makasih sarannya yang tadi :)

    BalasHapus
  12. Artiker bagus menarik, Terima kasih mas menambah pengetahuan. Saya sangat tertarik yg no.4.

    BalasHapus
  13. ohya Salam kenal Mas, juga sukses joint follw ke 30, biar rame mas...
    Terima kasih...

    BalasHapus
  14. @Harun Ar Terima kasih mas Bro, salam kenal juga, terima kasih anda telah sudi mampir ke blog aku yang sederhana ini.

    BalasHapus
  15. Sy msh newbie dlm monetizing blog. Mesti byk belajar ttg banyak hal & sangat terbantu dgn artikel2 yang anda tulis. Bookmarked already :)
    Thank u so much 4 writing valuable articles :)

    BalasHapus
  16. Tulisan ini bermanfaat untuk saya yang sedang mencoba membuat backlink.

    Pertanyaan yang muncul: bila memilih untuk menggunakan jasa profesional pembuatan backlink, apakah ini cukup bisa diandalkan dan aman di mata google/ major search engines? Thanks.

    BalasHapus
  17. @Investor Sibuk Hanya satu kata yang bisa saya haturkan, hati-hati dianggap spam oleh search engine, karena tidak alami.... happy blogging, thanks for coming

    BalasHapus
  18. Mau Tanya ni.. contoh backlink yang di anggap spam tu yang bagaimana???
    trimakasih sebelumnya..

    http://wildan-nw.blogspot.com

    BalasHapus
  19. kirain blog yang do follow aja yang bagus buat backlink ternyata yang no follow juga ya gan.. makasih infonya

    http://escecew.blogspot.com

    BalasHapus
  20. terima kasih untuk artikelnya,,,,selama ini ternyata saya salah arti tentang backlink

    BalasHapus
  21. Informasi yang mantap dan bisa menjadi penuntun untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Salam blogger.

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop