Breaking News
Loading...
Senin, 08 Juli 2013

KONSEP ATAU STRATEGI UNTUK MENAIKKAN PAGERANK BLOG

20.24
Cara Gampang 21CARA GAMPANG Blog kali ini ingin berbagi konsep atau strategi untuk menaikkan pagerank blog yang terus terang saya dapatkan dari salah satu sahabat blogger (seowaps.com) yang telah berhasil menaikkan pagerank blognya menjadi pagerank #3. Secara sekilas, konsep atau strategi yang diuraikannya tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan, namun masih ada beberapa hal yang kontradiktif serta perlu dicermati dalam hal penerapannya.

Sebelum kita membahasnya lebih dalam, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang pagerank blog ini. Sebagai pembantu pemahaman, berikut ini saya sampaikan pengertian pagerank blog secara umum, sebagai berikut :

PageRank blog adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi untuk menentukan situs/web/blog  mana yang lebih penting atau lebih populer dibandingkan dengan situs/web/blog lainnya. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang mana keduanya merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. Sebuah situs/web/blog akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. Untuk lebih jelasnya anda dapat menuju ke halaman Seputar Pagerank Blog ini.

Dari definisi tersebut, terlihat ada penekanan tentang situs/web/blog mana yang lebih penting atau populer dibandingkan dengan yang lainnya, hal ini tidak lain dan tidak bukan selalu akan berkaitan dengan masalah kualitas konten (artikel blog), backlink blog, inbound-link dan atau outbond-link yang ada pada sebuah blog. Inilah yang menjadi kata kunci atau pokok permasalahan yang akan kita bahas berikut ini.

Berikut ini ada sebuah video tutorial yang dapat dipertimbangkan sebagai solusi untuk menaikkan pagerank blog.



Berikut ini akan saya bagikan tentang konsep atau strategi untuk menaikkan Pagerank Blog  :

1. Pastikan jumlah inbound link lebih besar dari jumlah outbound link pada website Anda. 
Inbound Link adalah anchor text situs alamat web anda yang ada (atau diletakkan) dalam situs/web lain. Anda mendapatkan poin masuk dari situs/web lain tersebut. Maka dari itu, dapatkanlah backlink yang sebanyak-banyaknya dari situs lain. Outbound Link adalah link alamat situs/web lain yang ada dalam situs/web Anda. Anda memberikan poin kepada situs/web lain tersebut. Poin keluar tersebut akan mengurangi jumlah poin yang Anda dapat dari situs/web lain.

* PERHATIKAN ! Jika Anda membuat dofollow pada komentar post Anda untuk menarik banyak pengunjung, pertimbangkan baik-baik karna nilai inbound link Anda harus sangat banyak untuk menandingi nilai outbound link dari komentar posting Anda agar posisi SERP Anda tetap stabil. Namun perlu diperhatikan juga, adalah tidak bijaksana bilamana anda harus menghilangkan fitur kotak komentar ini, karena eksistensi atau keberadaan blog/situs/web anda sepenuhnya bergantung kepada para visitor yang respect terhadap artikel (konten) blog yang telah  anda tuliskan tersebut, sehingga ia sudi untuk meninggalkan komentar-komentarnya, dan bisa jadi ia akan memberitahukan atau mereferensinya kepada pihak ketiga.

2. Usahakan carilah dan kumpulkan sumber backlink (sebagai nilai inbound) yang tidak mempergunakan atribut rel = "nofollow". Maksudnya? Situs-situs atau blog yang dofollow sifatnya. Caranya, coba Anda klik kanan pada suatu link alamat situs lain yang ada dalam suatu situs/web, lalu klik Properties, maka akan muncul sebuah menu, apakah dalam menu tersebut terdapat keterangan relation = nofollow ? Jika ya, itu artinya adalah situs/web tersebut tidak akan memberikan poin ke alamat link anda tersebut (Namun, ada juga yang mengatakan bahwa nofollow tetap memberikan nilai meskipun tidak sebanyak dofollow). Dengan kata lain, relation nofollow memerintahkan search engine untuk tidak menelusuri link tersebut dan backlink tersebut hanya akan memberi sedikit pengaruh terhadap kenaikan pagerank blog Anda. Namun akan terjadi hal yang sebaliknya dengan situs/web yang do-follow.

* Meskipun demikian saran saya tetaplah Anda blogwalking dan tinggalkan jejak anda pada kotak komentar post mereka bahkan website/blog nofollow sekalipun. Karena jejak Anda pasti akan menimbulkan efek rasa ingin tahu, dan visitor yang lain akan mencoba mengunjungi website Anda.  
* Dalam menuliskan komentar pada blog lain, berlakulah secara bijaksana dalam artian tuliskan komentar-komentar yang sesuai dengan pokok bahasan artikel tersebut, jangan menuliskan komentar semacam 'Informasi yang mantap ...', 'Informasi yang berguna ....' dan lain-lain yang semacam itu, Google Penguin akan lebih selektif terhadap komentar-komentar yang demikian ini.
* Dalam menuliskan komentar jangan sekali-kali anda menyisipkan sebuah link aktif yang mengarah kepada situs/blog anda, karena hal ini akan dipandang sebagai praktek-praktek spammer.

3. Bijaksanalah untuk memberi link alamat situs lain dengan atribut rel = "nofollow" .
Memberi link alamat suatu situs tanpa atribut rel = "nofollow" atau dengan kata lain "do-follow" berarti Anda memberikan poin ke situs alamat link tersebut. Saran saya: Berikan "do-follow" pada yang benar-benar membutuhkan dan berikan rel = "no-follow" pada situs yang sudah raksasa (Google, Yahoo), affiliansi link / banner, paid review, Text Link Ads (TLA), feed. Membantu website teman Anda yang membutuhkan pagerank tinggi, jauh lebih berguna. Bagaimana membuat suatu link menjadi "no-follow"? Caranya hanya dengan menyisipkan atribut rel = "nofollow"  pada setiap anchor text yang kita maksudkan.


Contohnya :
<a href="http://www.seowaps.com title="tips, info internet"> Metadesain </ a>, ubahlah menjadi <a href="http://www.seowaps.com title="tips, info internet" rel="nofollow"> Metadesain </ a>

4. Jangan banyak-banyak memberikan do-follow pada halaman homepage blog
Sudah menjadi kebiasaan bahwa nilai pagerank di halaman homepage b.log pasti lebih tinggi dari halaman-halaman lain yang ada dalam blog/situs tersebut. Dengan Anda memberikan banyak do-follow di halaman homepage, maka nilai outbound link Anda bisa lebih banyak dan terhambur-hambur keluar dari halaman homepage bila dibandingkan dengan jumlah inbound link yang dapat Anda kumpulkan. Otomatis ini akan membuat posisi SERP dan pagerank blog Anda menjadi 'tidak naik-naik' bahkan bisa-bisa menjadi turun.

5. Cari dan kumpulkan backlink "do-follow" yang memiliki pagerank yang lebih tinggi dari Anda, atau backlink yang populer memiliki konten yang menarik. Ada hitungan sistematika tabel secara garis besar untuk bagaimana memperoleh pagerank yang kita inginkan; namun saya pribadi masih belum yakin 100% atas kebenarannya. Lakukanlah pencarian backlink ini secara natural dan alami (wajar) jangan terlalu berlebihan, karena kenaikan jumlah backlink yang sedemikian signifikan dalam waktu yang singkat akan memicu Google Penguin untuk lebih jeli mengamati blog yang kita miliki. Alhasil, alih-alih meningkatkan pagerank blog, yang terjadi malah menurunkan pagerank blog karena kita dianggap melakukan praktek-praktek spammer.

Kiranya sudah terlalu panjang saya berkisah tentang konsep atau strategi untuk menaikkan pagerank blog ini dan sudah waktunya untuk di akhiri, semoga tulisan ini dapat berguna serta dapat menambah wawasan anda semua.

Sumber inspirasi : http://www.seowaps.com/2013/04/strategi-menaikan-page-rank-google.html

0 komentar:

Posting Komentar

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop