Breaking News
Loading...
Selasa, 04 Juni 2013

CARA GAMPANG MEMATIKAN LINK AKTIF PADA KOTAK KOMENTAR

16.20
Cara GampangCARA GAMPANG, akhir-akhir merasa sedih melihat begitu banyaknya komentar spam yang menyertakan link-aktif pada kotak komentar blog CARA GAMPANG ini, setiap saat harus menghapus secara manual dan hal ini berlangsung berulang-ulang setiap kali akan melakukan update postingan. Selalu ada komentar spam (beserta link-aktif) yang masuk ke blog CARA GAMPANG. Meski telah mengaktifkan modus indikator komentar spam dari default blogger, namun masih saja kita harus menghapus semua komentar spam yang tersimpan tersebut. Nah ... loh .... susah kan ?

Sebenarnya ada cara lain untuk menghambat masuknya komentar spam yang menyertakan link-aktif ini, yaitu dengan mengaktifkan modus moderasi komentar, namun hal ini juga tidak efisien, bayangkan saja bilamana ada 1000 komentar yang masuk, terus kita musti me-moderasi-nya satu per satu .... ? Waduh, gak sanggup deh ....... (lodeh kali)....

Nah, berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka berikut ini, blog CARA GAMPANG akan menghadirkan secuil tips-trik untuk menghambat masuknya komentar spam beserta link-aktif yang berada di dalamnya tersebut.

Beginilah caranya  :

    Login dulu ke akun blog sobat
    Pilih Template >> Edit HTML
    Terus centang expand template widget
    Cari kode ]]></b:skin> (tekan Ctrl f untuk mempermudah pencarian kata)
    Copy script berikut dan pastekan di atas kode ]]></b:skin>

    /*----Matikan Link aktif di komentar----*/
    #comments p a {display: none !important; }
    /*----Matikan Link aktif  selesai----*/

    Simpan template, selesai.

Informasi kode :
Kode diatas memerintahkan agar memblokir link aktif /hidup yang pakai kode “a”  karena kalau kita mau menyimpan link biasanya dimulai dengan  kode <a, misalnya <a href='http://sarifpbg.blogspot.com/2013/04/cara-mudah-mematikan-link-aktif-pada.html'> TIps dan Cara Mudah</a> . Jadi dengan kode diatas semua komentar yang pakai <a menjadi tidak ada atau none.

Sebenarnya masih ada lagi cara – cara untuk mematikan link aktif dalam komentar blog kita yaitu dengan memanfaatkan script JQuery. Untuk cara pemasangannya sama dengan yang diatas tinggal di ganti aja kode scriptnya. Berikut ini adalah beberapa modifikasinya, silahkan sobat pilih sendiri mau pake yang mana.

1. Kalau ingin link aktif plus tulisannya benar2 hilang tanpa bekas ( remove ), pake script dibawah ini dan disimpan dibawah ]]></b:skin> , bisa juga diatas  </head> atau <body>,

    <! -- Matikan link aktif dlm komentar star -->
    <script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.5/jquery.min.js' type='text/javascript'></script>
    <script type='text/javascript'>
    $(function() {
    $('#comments p').find('a').remove(); }); 
    </script>
    <! -- Matikan link aktif dlm komentar end -->

2. Ganti Link Aktif dengan peringatan yang kita buat sendiri ( lihat tulisan warna biru), scriptnya pakai yang ini :

    <script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/> <script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function(){ jQuery("#comments p").find("a").replaceWith("<span> Peringatan ! Yang masukin Link Aktif akan terhapus secara otomatis.</span>"); }); </script>

3. Kalau yang ini linknya atau tulisannya muncul, hanya saja link aktifnya tidak ada atau hilang  ( unwrap ), script nya disimpan diatas </head> atau <body>

    <! -- Hilangkan link aktif dlm komentar star -->
  <script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.5/jquery.min.js' type='text/javascript'/> <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    $(function() {
    $('#comments p').find('a').contents().unwrap();
    });
    //]]>
    </script>
    <! -- Hilangkan link aktif dlm komentar End -->

4. Memanipulasi atau mengalihkan link aktif ke Url blog yang kita tentukan. Ini rasanya lebih mantap seolah-olah kita dibuatkan link oleh komentator tersebut.

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/> <script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function(){ jQuery("#comments p a").attr("href", "http://caragampang21.blogspot.com/"); }); </script>

Catatan :
Kode yang warna biru silahkan pilih sendiri misalnya ke Url Blog atau Postingan anda.

Perhatian jika dalam template blog sobat sudah ada script jQuery seperti yang warna merah di atas, sebaiknya yang warna merah jangan dicopy lagi karena fungsinya sama, yaitu untuk memanggil script "jquery.min.js" tersebut.

Kelebihan script JQuey tersebut memang sangat mantap untuk Disable atau mematikan link aktif dalam komentar, tapi hanya berfungsi pada setting komentar Embedded atau Tersemat . Kalau pada setting komentar Popup Window atau Jendela Munculan tidak bisa dipakai karena tautan / link aktif untuk memunculkan windownya yaitu pada tulisan Post a comment juga ikut mati.

Demikianlah artikel saya yang berjudul  Cara Gampang Mematikan Link Aktif Pada Kotak Komentar, mudah-mudahan  dengan script diatas bisa mengurangi komentar spam berupa link-aktif yang tentunya tidak baik untuk blog kita. Terima kasih.

1 komentar:

  1. Penyisipan link-link aktif pada sebuah komentar blog adalah bagian dari praktek-praktek spamming, sudah layak dan pantas untuk dibersihkan. Salam blogger.

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop