Breaking News
Loading...
Rabu, 15 Februari 2012

SULITNYA MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET

Mempercepat koneksi internet ternyata bukan merupakan suatu hal yang mudah untuk dilakukan, karena banyak hal yang perlu mendapat perhatian khusus. Dalam artikel terdahulu pernah dibahas tentang penggunaan software DNS Jumper yang berfungsi untuk mencari sekaligus mengkonfigurasikan DNS Server yang tercepat, dan dapat untuk kita pergunakan.

Dalam beberapa kali uji coba ternyata mempercepat koneksi internet hanya dengan mencari DNS Server tercepat saja tidaklah cukup membantu kita untuk memperoleh percepatan yang kita butuhkan. Banyak web/blog yang telah membahas percepatan koneksi internet ini dengan berbagai ragam metode, mulai yang sederhana sampai kepada yang paling rumit.

Saya, dalam hal ini telah mencoba mempraktekkan metode-metode yang telah diulas dalam berbagai web/blog yang begitu banyak tersebar di mesin pencari Google, tetapi hasilnya masih belum juga memuaskan hati saya. Dalam kondisi setengah putus-asa, saya googling ke sana ke mari mencoba mencari solusi yang tepat.

Adapun hasil atau kesimpulan yang saya dapatkan adalah  :

Upayakan Modem tetap dalam kondisi dingin atau tidak terlalu panas.
Kesimpulan ini saya dapatkan pertama-tama berdasarkan pengamatan saya menggunakan modem AC682 SmartFren. Saat dalam kondisi dingin, modem ini memiliki kecepatan akses yang cukup baik dan memuaskan. Tetapi sebaliknya, saat kondisinya mulai panas maka ia akan mengalami penurunan kecepatan akses. Hal ini pernah saya bahas dalam artikel Modem Berkaret.

Perhatikan stabilisasi sinyal yang diperoleh modem anda.
Kesimpulan ini saya dapatkan berdasarkan logika, sebaik atau secepat apapun modem itu didisain, tetapi bilamana di dalam prakteknya tidak mendapatkan sinyal atau mendapat sinyal yang tidak maksimal, maka hasilnya adalah "blank", alias modem tersebut tidak memiliki kecepatan akses internet sama sekali.

Penggunaan DNS Server tercepat ini adalah merupakan upaya terakhir yang bisa kita manfaatkan untuk memperoleh akses internet yang cepat. Mengenai hal ini telah pernah saya bahas dalam artikel DNS Jumper.

Perpaduan ketiga metode tersebut di atas, niscaya akan membawa perubahan kecepatan akses internet modem kita. Dan hal ini telah saya praktekkan dengan hasil yang cukup memuaskan (bagi saya), berdasarkan test-test uji kecepatan akses internet yang banyak tersebar luas.

Demikianlah ulasan ini, lain waktu akan saya bahas perihal Stabilisasi sinyal modem.


4 komentar:

  1. salam kenal bro.. :)tanks kerana sudi ke blog gua...

    BalasHapus
  2. slam kenal brada kunjungan pertama

    BalasHapus
  3. Yah ...... begitulah, harap maklum aja

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop