Breaking News
Loading...
Minggu, 19 April 2015

Saatnya bersih-bersih blog Cara Gampang

18.42
Cara Gampang. Google Mobilegeddon telah berlaku mulai tanggal 21 April 2015 lalu, nah kini tiba saatnya bersih-bersih blog Cara Gampang agar tetap dapat bersaing pada hasil SERP, Google. Blog  ini adalah blog yang pertama kali aku miliki, namun tidak terlalu mengalami perkembangan yang signifikan dibandingkan dengan blog-blog aku yang lebih muda atau yang aku buat belakangan. Blog ini sudah berumur lebih dari 2 (dua) tahun, namun masih tetap berada pada pagerank # 1.

Kini saatnya aku meluangkan waktu khusus untuk mengangkat sekaligus memposisikan blog Cara Gampang ini menjadi lebih baik dari saat sekarang. Memang, aku masih harus tetap bersyukur karena blog  ini tetap dapat bertengger pada halaman pertama hasil SERP Google dan tidak terlempar keluar atau bahkan menghilang. Hipotesa awal adalah konten blog ini masih cukup relevan atau masih cukup berkualitas (meskipun tidak terlalu berkualitas), bila dibandingkan dengan konten blog-blog yang lain. Disamping itu, kemungkinan originalitas konten masih dipertimbangkan oleh pihak Google dalam hal ini.

Langkah awal yang aku lakukan adalah mengganti template blog dengan model Responsive Template yang tentu saja gratisan. Namun pemakaian Responsive Template ini saja (dalam pandangan saya) masih belumlah memadai, karena berat-ringan sebuah blog atau kecepatan akses sebuah blog juga waib untuk dipertimbangkan. Pada awal pemakaian Responsive Template ini, blog aku ini memiliki berat 100,35 Kb, sebuah nilai berat yang telah melebihi ambang batas berat ideal sebuah blog. Belakangan, setelah aku berhasil memperbaiki beberapa script "Java-script" yang ada pada template blog ini, maka hasilnya sekarang blog aku ini memiliki berat hanya sekitar 81.95 Kb, artinya tidak melebihi ambang batas. Berikut hasil test berat blognya.

Cara Gampang

Tentang Responsivitas Template blog, maka hasil gambarnya seperti terlihat di bawah ini :

Cara Gampang

Responsive Template memang menjadi syarat mutlak untuk dapat bersaing, namun kecepatan loading sebuah blog hendaknya juga menjadi bahan pertimbangan yang tidak dapat diabaikan begitu saja.

Setelah berhasil mendapatkan Responsive Template dengan berat (yang menurut kacamata saya) cukup ideal (dalam arti tidak melebihi 100 Kb), maka sekarang saatnyanya aku membetulkan hal-hal yang berkaitan dengan SEO score blog Cara Gampang ini. Langkah pertama adalah dengan memperbaiki widget Popular Post agar lebih SEO Friendly, karena berdasarkan pengalaman, widget Popular Post ini sering menjadi kendala SEO di mata SEO Analizer tool milik Bing Webmaster. Untuk langkah ini akan saya bahas dalam artikel tersendiri.

Langkah berikutnya adalah menghapus atau menghilangkan komentar-komentar yang terindikasi spam, diantaranya komentar yang menampilan link-link aktir, komentar dengan modus Anonim, komentar yang tidak sesuai dengan topik bahasan (OOT) yang dalam banyak hal lebih menampilkan promosi produk obat-obatan dan jasa. Blog ini adalah termasuk jenis personal blog, dan dari sejak awal memang tidak pernah dipasang iklan atau advertising, dan oleh karenanya, setiap komentar yang bernada promosi poduk pasti akan saya hapus atau tidak akan saya tampilkan.

Untuk mematikan pemasangan link aktif pada kotak komentar, saya memasangkan script berikut ini di atas kode </head>.

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
jQuery(document).ready(function(){
jQuery("#comments p").find("a").replaceWith("<span>Peringatan: Dilarang Menampilkan Link Aktif</span>");
});
</script>

Untuk meningkatkan pageviews blog, maka aku mempergunakan strategi "semua link terbuka di halaman baru" termasuk dalam hal ini link-link pemberi komentar. Tentang masalah ini akan saya bahas dalam sebuah artikel tersendiri nantinya.

Demikian uraian aku dalam artikel tentang saatnya bersih-bersih blog Cara Gampang ini, semoga dapat membangkitkan motivasi tersendiri di antara para pembaca.
 

5 komentar:

  1. Untuk tahu berat blog testnya dimana? aku baru2 juga ini ganti template

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat di bagian Menu Navigasi Blog ...... klik "Tool"

      Hapus
  2. Waduh mantap ..., Blog Cara Gampang telah menerapkan Responsive Template dengan ukuran berat blog yang tidak sampai 100 Kb. Selamat dan sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah .... semuanya dalam rangka menyiasati MobileGeddon

      Hapus
  3. terimakasih infonya,,
    sangat menarik dan bermanfaat,,

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop