Breaking News
Loading...
Minggu, 21 Juli 2013

CARA GAMPANG MEMBERANTAS BROKENLINK PADA BLOG

22.21
Cara GampangCARA GAMPANG Blog kali ini ingin berbagi pengalaman tentang memberantas brokenlink yang ada pada sebuah blog. Admin blog CARA GAMPANG ini telah memiliki pengalaman yang sangat tidak mengenakkan, yaitu terlempar ke halaman 19 hasil SERP gara-gara jumlah brokenlink yang mencapai total 86 buah. Ternyata masalah brokenlink ini membawa dampak yang cukup signifikan, tidak saja terhadap kesehatan blog namun juga menghantam SEO serta hasil SERP sebuah blog. Sungguh, masalah brokenlink ini merupakan prioritas utama untuk segera diselesaikan agar sebuah blog mampu bersaing dengan jutaan website/blog-blog lain dalam percaturan di dunia maya.

This is should possibly be your first priority tasks as broken links affect your website ranks on search engines and also send a bad message to your visitors that you are not serious about your website.

Broken link secara sederhana bisa diartikan sebagai link yang rusak atau tidak ditemukan halamannya ketika kita klik. Biasanya akan muncul keterangan berupa not found, error not found, halaman tidak ditemukan, atau error not found 404. Link yang rusak/broken tersebut bisa berupa link internal (yang berasal dari blog kita sendiri) atau link eksternal (yang menuju blog/situs lain). Link yang rusak itu tidak sebatas pada url postingan, namun bisa juga berupa url kategori, tags, ataupun page statis, bahkan bisa terjadi pada komentar-komentar yang masuk pada tiap-tiap postingan blog.

Beberapa penyebab terjadinya brokenlink :

Menghapus posting/kategori/tags/page statis yang pernah dipublish sebelumnya.
Terutama jika sudah terlanjur diindeks oleh mesin pencari google. Nah, poin inilah yang saya fokuskan untuk dihilangkan pada artikel sebelumnya. Jika tidak kita hilangkan dari peng-indeks-an google, halaman posting/kategori/tags/page tersebut masih akan diindeks pada hasil pencarian dalam jangka waktu tertentu.

Salah menyisipkan url di dalam posting atau pada sidebar.
Termasuk pada footer dan menu navigasi. Biasanya berupa salah ketik, kurang satu karakter/huruf tertentu, kurang tanda garis miring, atau bahkan kurang tanda www (untuk blog/situs tertentu). Hal ini sebenarnya bisa diminimalisir dengan mengopy langsung url halaman yang akan disisipkan/dibuat linknya, lalu dipaste langsung ke kolom url.

Link eksternal yang disisipkan sudah dihapus oleh pemilik blog/situs yang bersangkutan.
Contohnya ketika anda pernah memberi tautan menuju salah satu halaman posting blog/situs lain di dalam posting anda. Istilahnya memberi trackback. Nah, karena pertimbangan tertentu, halaman tersebut ternyata kemudian dihapus oleh si pemilik blog/situs itu. Kondisi demikian akan menyebabkan terjadinya broken link pada blog anda, terutama postingan anda yang berisi backlink menuju halaman yang sudah dihapus tersebut.

Link eksternal yang disisipkan sudah tidak aktif atau disuspend.
Dalam hal ini jika anda pernah memberi tautan/link menuju halaman home sebuah blog atau situs. Nah, ternyata beberapa waktu kemudian blog/situs tersebut sudah tidak aktif, tutup, atau disuspend. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya broken link pada blog anda yang memuat tautan menuju halaman blog/situs tersebut. Termasuk menuju halaman postingnya.

Perubahan struktur permalink pada blog.
Baik itu pada blog kita sendiri maupun pada permalink blog lain, di mana kita pernah memberi backlink ke salah satu halaman postingnya. Contohnya ketika kita pernah membuat link menuju sebuah halaman dengan struktur permalink lama. Nah, ketika halaman tersebut diubah permalinknya oleh sang pemilik blog/situs (dengan struktur baru), maka tentu saja link yang kita buat itu akan rusak (alias menjadi broken link).

Komentar visitor yang masuk.
Seorang visitor yang menuliskan komentarnya pada blog kita sementara ia tidak memiliki blogger-profile juga rentan menjadi sebab terjadinya brokenlink ini. Disamping itu, bilamana kita telah mengaktifkan 'script anti spam', maka semua komentar-komentar masuk yang menyertakan link aktif akan menjadi sebab utama terjadinya brokenlink ini. Selanjutnya komentar yang mempergunakan identitas 'anonim' juga rentan terbaca sebagai brokenlink.

Berikut ini ada sebuah video tutorial tentang brokenlink ini yang mungkin dapat menambah wawasan kita semua.




CARA MEMBERANTAS BROKENLINK PADA BLOG

Kembali kepada upaya memberantas brokenlink yang terjadi pada blog, pada dasarnya saya hanya mempergunakan bantuan pihak ketiga, yaitu BROKENLINK CHECK.

Bila anda berminat untuk mempergunakannya, maka silahkan klik link 'brokenlink check' tersebut di atas, kemudian anda tinggal mengikuti perintah-perintah yang ada.

Masukkan alamat url blog anda pada kotak yang telah tersedia.

Cara Gampang

Masukkan kode verifikasi yang telah disediakan.

Cara Gampang

Tunggu beberapa saat, maka akan muncul hasil pencarian tersebut.

Cara Gampang

Bilamana hasil pencarian terdeteksi 0 brokenlinks, seperti gambar di atas, maka proses perbaikan anda telah selesai. Namun bilamana hasilnya belum seperti gambar di atas, maka lanjutkan proses dengan meneliti sekaligus memperbaiki brokenlink yang ada pada blog anda berdasarkan keterangan-keterangan yang telah diberikan. Untuk ini gunakanlah tombol src pada hasil pencarian tersebut.

Demikianlah uraian kami, semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. cara yang sangat mudah nih
    broken link memang perlu diperbaiki
    makasih infonya

    BalasHapus
  2. hahaa, ya gan toolsnya berhasil, thx gan..

    come back. http://zhalltrozans.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Teknik kamu betul sekali.
    Makanya komentar-komentar yang sekiranya merusak artikel dengan terpaksa harus disingkirkan. Bukan begitu kawan :-)

    Btw punya berapa blog kamu sob. Setelah saya telusuri dengan metode yang ane gunakan, ternyata kamu memiliki banyak blog kan? Teknik seo yang sobat lakukan juga sama denganku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar yang merusak memang harus diberantas, aku cuma punya 5 blog .... 1 blog utama dan 4 blog pendukung (dummy blog).

      Hapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop