Breaking News
Loading...
Sabtu, 08 Juni 2013

OPTIMALISASI FUNGSI META DESCRIPTION (TAGS) PADA BLOG

14.43
Cara GampangCARA GAMPANG. Meta Description Tags adalah merupakan salah satu meta tag yang penting untuk menunjang optimalisasi sebuah blog dengan format blogger. Meta Description Tags adalah juga merupakan salah satu dari puluhan meta tag yang valid mendukung keberadaan sebuah halaman web/blog, bahkan mungkin menjadi satu-satunya meta tag yang memiliki bobot terbesar di mata mesin pencari (search engine) semacam Google search engine atau Yahoo search engine. 

Meta description tags berfungsi sebagai pemuat meta informasi yang mendeskripsikan isi halaman sebuah blog. Meta deskripsi ini juga menjadi bagian dari snippet deskripsi pada hasil pencarian Google. Oleh karenanya, menggunakan serta mengoptimalkannya secara tepat akan menambah kekuatan SEO blog di mata search engine, atau setidaknya mampu menjadi alat bagi sebuah blog untuk menarik pengunjung dari search engine.

Sebenarnya, ada banyak sekali poin yang ingin saya ulas mengenai meta description ini, baik mengenai "kesalahpahaman" tentang meta description yang dianggap sebagai keseluruhan meta tags (meta tags ada banyak : meta keywords, meta author, meta robots, meta location, dan lain-lain), maupun dalam konteks apakah meta description masih tetap digunakan oleh search engine, khususnya Google. Namun agar artikel ini dapat fokus mengulas tentang meta description (tags) pada blog, maka niatan tersebut akan saya wujudkan pada artikel-artikel berikutnya.

Beberapa fitur baru Blogger memang mengagumkan, dan kali ini, saya masih akan berbicara perihal fitur Blogger baru tersesebut, utamanya yang berkaitan erat dengan SEO yaitu : Fitur Custom Meta Description Blogger. Sebenarnya fitur ini muncul sudah agak lama, sekitar bulan Februari-Maret 2012, namun belum selengkap dan sesempurna seperti sekarang ini, yaitu adanya penambahan fitur search description pada single post (deskripsi unik untuk masing-masing halaman posting). Sehingga baru sekarang saya bicarakan optimasi fitur ini. 

Konstruksi awal meta description tags pada sebuah template blog adalah sebagai berikut :
< meta name='description' content='deskripsi konten/halaman blog' />
Penempatannya pada rangkaian html template blog adalah seperti gambar di bawah ini.

Cara Gampang

Namun kini tidak perlu lagi mengutak-atik template blog tersebut, karena fitur meta description tags ini sudah dapat dengan mudah diakses melalui halaman settings blogger. Caranya sebgai berikut

1. Buka dashboard > settings
2. Pilih search preferences

3. Lihat Pada bagian Meta Tags > Description
4. Klik "Edit".
5. Pada opsi Enable search description ? Pilih "Yes".

6. Isikan deskripsi blog sesuai keinginan. Ingat, maksimal hanya 150 karakter, jadi optimalkan penggunaan kata-kata se-efisien mungkin. Lalu klik "save changes" untuk menyimpannya.

Hasilnya, perhatikan gambar berikut ini :

 Cara Gampang
Berikut ini adalah contoh snippet descriptionnya saat muncul pada hasil pencarian Google :

Cara Gampang

Bagi sobat yang dulu pernah menambahkan meta description tags ini melalui konfigurasi html template blog (menambahkan tag meta description secara manual), sebaiknya pindahkan saja deskripsi blog ke dalam fitur tersebut, karena akan ada fitur yang lebih hebat lagi jika sobat mengaktifkan fitur meta description tags melalui settings dashboard blogger. Apa itu ? Simak kelanjutannya, pada artikel berikutnya .............

2 komentar:

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop