Breaking News
Loading...
Jumat, 29 Juni 2012

CARA GAMPANG : KUALITAS BLOG VS POPULARITAS BLOG

22.23
Blog CARA GAMPANG kali ini akan sedikit mengemukakan hal penting yaitu Kualitas Blog vs Popularitas Blog, mana sebenarnya yang lebih penting ?. Kualitas Blog vs Popularitas Blog ini pada dasarnya (menurut blog CARA GAMPANG) sama-sama menentukan keberadaan atau peringkat atau katakanlah posisi blog/website yang kita miliki. Kedua hal tersebut di atas memiliki standart pola pikir yang berbeda. Kualitas Blog selalu berorientasi kepada kualitas konten (artikel-artikel yang dimilikinya) selalu diupayakan bersifat original dan bermanfaat bagi para visitornya. Sedangkan Popularitas Blog  pada hakekatnya lebih berorientasi kepada traffic blog yang kadangkala menyampingkan kualitas konten blog. Artinya, bisa jadi konten blognya semua atau sebagian besar dari hasil copy-paste blog orang lain.

Mari kita teliti secara lebih mendalam, esensi dasar sebuah blog atau website pada dasarnya adalah berupa konten blog atau artikel-artikel blog yang harus bersifat informatif, original, up to date serta unik dan tidak berarti merupakan hasil copy-paste dari blog orang lain. Semakin original dan up to date konten blog yang kita miliki, maka akan menarik minat orang lain untuk membacanya, dan bisa jadi (kalau kita beruntung) para pembaca tersebut akan memberikan backlink secara sukarela tanpa kita minta.

Hal yang sebaliknya adalah Popularitas Blog, aspek ini tidak terlalu mementingkan kualitas konten blog yang dimilikinya, dimata si pemiliki blog, traffic yang tinggi menjadi sebuah keharusan dan merupakan esensi dasar, sehingga dia tidak akan canggung-canggung untuk mempergunakan praktek-praktek terlarang (semacam black-hat SEO) dan melakukan copy-paste sana-sini dalam mencapai target tujuan memperoleh traffic yang tinggi tersebut. Untuk saat sekarang, hal ini lebih banyak dipraktekkan oleh mereka-mereka yang mengejar traffic blog. Anda pasti pernah menemukan blog-blog yang demikian ini. Contohnya : Di dalam artikel-artikel blognya hanya dipenuhi dengan foto-foto atau gambar-gambar dan tidak ada uraiannya sama sekali. Sebenarnya mereka salah besar karena mesin pencari semacam Google spider bot tidak dapat membaca gambar. Google search engine hanya dapat membaca tulisan-tulisan atau artikel-artikel blog yang kita miliki. Oleh karenanya bila kita ingin gambar-gambar postingan kita terbaca oleh Google, maka harus melakukan praktek optimasi gambar postingan blog.

Kembali kepada permasalahan semula, mana yang lebih penting : Kualitas Blog atau Popularitas Blog ? Jawabannya cukup sederhana, tinggal kita kembalikan kepada masing-masing pemilik blog/situs/website, apa sebenarnya yang menjadi tujuan atau latar belakang ia memiliki sebuah blog/web/situs tersebut. Bilamana ia memiliki sebuah blog hanya untuk tujuan komersial saja, tentunya ia akan menjawab  bahwa Popularitas Blog menjadi lebih penting dari pada Kualitas Blog. Singkatnya adalah, yang penting traffic blognya tinggi, sedangkan Kualitas Blognya menjadi nomor dua.

Demikian halnya seorang blogger sejati, atau katakanlah pemilik blog yang memiliki tujuan berbagi pengetahuan, pendidikan, pengalaman, tutorial dan atau hal-hal yang dapat dipersamakan dengan itu, pasti akan lebih mendahulukan Kualitas Blog dibandingkan dengan Popularitas Blog. Dalam kacamata dia, Kualitas Blog secara lambat laun pasti akan mengangkat Popularitas Blog, karena hal yang berkualitas pasti akan dicari dan diminati orang banyak.

Hal bijaksana yang dapat kita ambil sebagai sebuah kesimpulan adalah : Kualitas Blog pada saatnya pasti akan mengangkat Popularitas Blog, sedangkan Popularitas Blog sama sekali tidak menjamin tingginya Kualitas Blog.

Demikian artikel ini saya buat, tentunya berdasarkan pengalaman yang saya miliki, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Bagi saya, yang terutama saya kejar adalah kualitas blog terlebih dahulu, setelah itu baru berpikir ke arah popularitas blog. Thanks for sharing, salam persahabatan.

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop