Breaking News
Loading...
Jumat, 13 April 2012

CARA GAMPANG MEMBUAT MUSIK TANPA ALAT MUSIK

00.12
Blog CARA GAMPANG, kali ini akan berbagi pengetahuan tentang membuat musik tanpa alat musik, hal mana menurut blog CARA GAMPANG, bahwa untuk saat ini membuat musik tanpa alat musik bukanlah merupakan suatu hal yang mustahil. Di era digital seperti saat ini memungkinkan kita untuk membuat musik tanpa alat musik, cukup hanya dengan bantuan seperangkat Komputer yang terkenal dengan sebutan komputer musik. Selanjutnya hasil komposisi musik yang dihasilkan dapat disebut dengan musik digital.

Komputer musik itu sendiri pada dasarnya adalah seperangkat alat Komputer yang di dalamnya telah terinstall software-software musik digital, semacam Nuendo, Cubase, Pro Tools atau Fruity Loops. Selanjutnya untuk melaksanakan proses rekaman (recording), seperangkat komputer ini disambungkan dengan seperangkat alat yang dikenal dengan sebutan sound-card yang berfungsi sebagai penguat sinyal-sinyal audio masukan serta membantu proses pemantauan hasil akhir. Berikut ini adalah skema tentang musik digital.


Jika kita perhatikan skema di atas, maka masukan atau input ke komputer-musik berupa sebuah keyboard-conroller serta 2 (dua) buah microphone, yang kesemuanya masuk melalui sebuah sound-card. Selanjutnya out-put sound-card ini dibagi menjadi 2 (dua), yang satu terhubung ke perangkat komputer-musik, sedang yang lainnya terhubung ke jalur keluaran audio menuju speaker-monitor. Pada gambar di atas terdapat seperangkat alat yang dikenal dengan headphones, alat ini berguna untuk melakukan pendeteksian audio saat kita melakukan mixing ataupun mastering.

Selanjutnya, semua alat-alat musik (mulai drum sampai dengan keyboard) telah terinstall di dalam komputer-musik dalam bentuk alat-alat musik-digital yang tentu saja dimainkan dengan bantuan sebuah keyboard-controller. Contoh-contoh sofware alat musik digital yang umum dipergunakan adalah EZ Drummer (untuk drum), Trilogy (untuk bass-guitar), Sample-Tank (untuk jenis-jenis shyntesizer, brass maupun ensemble), Real-Guitar (untuk akustik gitar), Virtual-Guitarist (untuk elektrik gitar) dan masih banyak software-software lainnya.

Demikianlah sekelumit kisah tentang membuat musik tanpa alat musik, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Mohon informasikan kepada UKM, Koperasi, Pelaku usaha. Silahkan mempromosikan produk-produknya di http://tokokaku.com/ - GRATIS

    Bagaimana cara bergabung di Tokokaku.com?
    Mudah. Klik menu "Gabung", lengkapi data yang Anda anggap perlu. Anda sudah bergabung di Tokokaku.com. Kemudian klik menu "Login" untuk masuk ke "Dashboard" Anda. Pada Dashboard klik menu "Buka Toko", lengkapi data yang Anda anggap perlu. Anda sudah mempunyai toko, dan mulailah mengupload produk-produk Anda dari menu "Pengaturan Produk".

    BalasHapus
  2. @Isbiyanto : Lain kali jangan melakukan spam mas .... Trims.

    BalasHapus

==> Silahkan meninggalkan komentar, jangan OOT, No Spam, No SARA
==> Jangan berkomentar dengan modus Anonimous
==> Jangan promosi produk, No Pornografi, No link-aktif
==> Jika ingin mendapatkan backlink, gunakan modus Name/Url
==> Mohon maaf bila ada keterlambatan balasan komentar anda.

 
Toggle Footer
backtotop